Home » » Tomat dan Mentimun, Sebenarnya Buah atau Sayur?

Tomat dan Mentimun, Sebenarnya Buah atau Sayur?

Posted by Supplier sayur dan buah surabaya on Rabu, 12 Agustus 2015

Semua sudah sangat familiar dengan yang namanya Tomat dan Mentimun, bahkan sejak masih TK pun kita sudah diajar untuk mengetahui mana yang namanya toman dan mentimun, tapi sudakah kita tahu tomat dan mentimun termasuk jenis buah ataukah sayur?.

Sebenarnya agak membingungkan juga, soalnya bentuk tomat dan mentimun seperti buah, untuk mengetahui hal ini jawabnya harus dilihat dari sudut pandangan botani dan kuliner.

Lalu bagaimana polong-polongan, buncis-buncisan, jagung, labu-labuan, terung, cabai-cabaian, dan zucchini, bengkuang, wortel dan kentang masuk jenis mana Buah atau Sayur?

Situs Mayo Clinic telah menjelaskan jawabannya dalam sebuah artikel (15/08/12), berikut jawabannnya:

1. Sudut pandang botani

Dilihat dari sudut ilmu botani atau ilmu yang mempelajari tumbuh-tumbuhan, buah didefinisi sebagai tanaman yang tumbuh dari bunga, biji pun ikut termasuk. Sementara batang, daun, akar, dan kuncup bunga tergolong sayuran.

2. Sudut pandang kuliner

Kalau ditelusuri melalui sudut pandang kuliner agak berbeda karena tolak ukurnya adalah rasa. Sayuran terasa kurang manis atau lebih gurih dibanding buah yang manis atau asam. Sayuran juga biasanya disajikan dalam hidangan gurih, sementara buah diolah menjadi dessert, camilan, atau minuman.

3. Jenis sayur yang sebenarnya buah

Lalu bagaimana polong-polongan, buncis-buncisan, jagung, labu-labuan, terung, cabai-cabaian, dan zucchini, bengkuang, wortel dan kentang masuk jenis mana Buah atau Sayur?

Tentu jawabannya berbeda dari sudut pandang kuliner dan botani, secara botani polong-polongan, buncis-buncisan, jagung, labu-labuan, terung, cabai-cabaian, dan zucchini, termasuk pula tomat dan mentimun adalah termasuk buah. Sebaliknya, bengkuang justru termasuk sayuran, bukan buah, karena merupakan umbi. Sementara itu, bit, wortel, dan kentang memang termasuk sayuran karena berasal dari akar tanaman.


0 komentar:

Posting Komentar

Berkah Sayur - Supplier Sayur dan Buah Surabaya (0821-65444240). Diberdayakan oleh Blogger.
.comment-content a {display: none;}