Home » » Perbedaan Mendasar Sayur dan Buah

Perbedaan Mendasar Sayur dan Buah

Posted by Supplier sayur dan buah surabaya on Kamis, 06 Agustus 2015

PEPAYA, mangga, pisang, jambu, adalah buah-buahan. Lalu bagaimana untuk menyebut tomat, terong, labu, mentimun? Buah-buahan jugakah? Atau Sayuran? Apa perbedaan buah-buahan dan sayuran? Bagaimana juga dengan bayam, kangkung, seledri ?

Dalam pelajaran biologi, tumbuhan ”kelas tunggi” terdiri atas akar, batang dan daun. Untuk berkembang biak dapat melalui proses ”tidak kawin” yang dilakukan sendiri, seperti umbi pada kentang, tunas akar rambat pada arbei, atau dibantu manusia melalui cara cangkok, stek, juga dengan proses ”perkawinan” yang hasilnya berupa biji.

Beberapa jenis tanaman ”melindungi” bijinya dalam buah. Buah sendiri sebenarnya adalah ”cadangan” makanan yang disimpan oleh ”pabrik” tumbuhan, dalam hal ini untuk ”menjaga” bakal hidup generasi penerusnya yang ada pada biji. Dalam ilmu biologi, tidak dikenal istilah sayuran.

Di dalam ilmu pertanian, buah juga berarti bagian dari tanaman yang membesar dan bisa di makan. Misalnya, nanas, nangka. Sementara itu Sayuran dikenal dalam istilah memasak (kuliner), ilmu gizi, yaitu ”bagian” dari tumbuhan yang bisa dikonsumsi, baik itu daunnya, umbinya, buahnya dan sebagainya.

Bagi Anda yang vegetarian pasti Anda tiap harinya selalu mengkonsumsi buah dan sayur untuk menu makan Anda dan sehingga buah-buahan dan sayuran menjadi kebutuhan mutlak untuk Anda para vegetarian.

Dan walaupun sama-sama mengandung serat yang baik untuk kesehatan Anda. Tapi Anda harus tahu perbedaan antara buah dan sayuran. Berikut ini 3 kelebihan buah dibandingkan sayuran :

Sumber energi yang cepat

Berbagai jenis buah mengandung gula sederhana seperti glukosa dan fruktosa yang tidak perlu dipecah melalui pencernaan enzimatik. Gula sederhana lebih mudah diserap di usus, sehingga lebih cepat diubah menjadi energi.

Sebaliknya, sebagian besar sayur-sayuran memiliki rasa lebih pahit karena struktur kandungan gulanya membentuk rantai panjang polisakarida.

Agar bisa dipakai sebagai sumber energi, polisakarida perlu dipecah dulu menjadi gula sederhana sehingga membutuhkan waktu lebih lama.

Kaya antioksidan

Dibanding sayuran, buah-buahan segar seperti apel, cherry, blueberry dan raspberry punya kandungan flavonoid yang lebih tinggi. Senyawa ini berfungsi melindungi sel dari inflamasi (radang) dan kerusakan sehingga bisa melawan efek penuaan.

Tidak perlu dimasak

Selain untuk lalapan, sayuran jarang dimakan mentah-mentah apalagi langsung dari pohonnya. Inilah yang membedakan dengan buah-buahan yang hampir semuanya bisa langsung dikonsumsi tanpa harus dimasak terlebih dahulu


0 komentar:

Posting Komentar

Berkah Sayur - Supplier Sayur dan Buah Surabaya (0821-65444240). Diberdayakan oleh Blogger.
.comment-content a {display: none;}