Home » » Manfaat Buah dan Sayur Berwarna Ungu

Manfaat Buah dan Sayur Berwarna Ungu

Posted by Supplier sayur dan buah surabaya on Senin, 29 Juni 2015


Buah dan sayur memang asupan yang harus kita konsumsi setiap hari. Selain karena kandungannya yang penting bagi kesehatan tubuh, buah dan sayur juga terkenal dengan warnanya yang menarik dan segar untuk dipandang. Di balik warnanya yang cantik, ternyata warna–warna inilah yang membedakan khasiat dan kandungannya. Di antaranya adalah buah dan sayur yang berwarna ungu.

Buah dan sayur yang berwarna ungu ini memiliki khasiat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh. Menurut Prof. Dr. Made Astawan,Ms warna pada sayur dan buah perwarna ungu berasal dari fitokimia yang berkhasiat melindungi tubuh manusia dari serangan beragam penyakit, mulai dari infeksi ringan sampai kanker.

Warna ungu pada buah dan sayur tersebut berasal dari pigmen antosianin yang memiliki banyak kandungan seperti:

1. Antosianin

Antosianin merupakan senyawa flavanoid yang melindungi sel dari sinar ultraviolet. Pigmen ini diyakini bisa meningkatkan penglihatan pada malam hari. Antosianin ternyata juga bisa mengobati berbagai jenis penyakit berbahaya seperti kanker, diabetes mellitus, dan serangan jantung.

2. Vitamin

Vitamin yang terkandung pada buah dan sayuran berwarna ungu antara lain vitamin B kompleks yang sangat tinggi, serta vitamin A, C, E. K, dan D yang baik untuk kesehatan tulang.

3. Riboflavin ( B2 )

Sangat bermanfaat untuk membentuk sel darah merah, sumsum tulang, dan sistem saraf sehingga dapat mencegah anemia.

4. Zat besi

Zat besi ini sangat baik untuk mencegah anemia yang sering diderita oleh ibu hamil dan anak – anak.

5. Selenium

Selenium merupakan satu mineral esensial yang tidak dapat diproduksi tubuh. Zat ini sangat penting dalam aktivasi enzim antioksidan, sistem imunitas tubuh dan regulasi kelenjar tiroid sehingga terhindar dari penyakit gondok.

6. Ellagic Acid

Merupakan zat yang sangat baik bagi kesehatan perempuan, khususnya untuk mencegah kanker payudara.

7. Salicylates

Salicylates merupakan komponen yang alami pada buah dan sayuran ungu yang mampu menurunkan risiko terjangkitnya serangan jantung.

8. Resveratol

Kandungan ini terbukti menghambat endothelin-1 yang merupakan salah satu penyebab penyakit jantung, bermanfaat bagi sistem kardiosvaskular dan dapat meyehatkan jantung.

Dari kandungan tersebut, buah dan sayur yang bewarna ungu sangat kaya akan kandungan yang menyehatkan bagi tubuh manusia. Buah dan sayuran ungu ini contohnya terung ungu, kol bewarna ungu, asparagus ungu, plum, anggur ungu, blueberry dan masih banyak lagi. 


0 komentar:

Posting Komentar

Berkah Sayur - Supplier Sayur dan Buah Surabaya (0821-65444240). Diberdayakan oleh Blogger.
.comment-content a {display: none;}