Home » » Sawi Putih

Sawi Putih

Posted by Supplier sayur dan buah surabaya on Jumat, 31 Juli 2015


Sawi putih (Brassica rapa Kelompok Pekinensis; suku sawi-sawian atau Brassicaceae ) dikenal sebagai sayuran olahan dalam masakan Tionghoa; karena itu disebut juga sawi cina. Sebutan lainnya adalah petsai. Disebut sawi putih karena daunnya yang cenderung kuning pucat dan tangkai daunnya putih. Sawi putih dapat dilihat penggunaannya pada asinan (diawetkan dalam cairan gula dan garam), dalam cap cai, atau pada sup bening. Sawi putih beraroma khas namun netral. Sawi putih hanya tumbuh baik pada tempat-tempat sejuk, sehingga di Indonesia ditanam di dataran tinggi. Tanaman ini dipanen selagi masih pada tahap vegetatif (belum berbunga). Bagian yang dipanen adalah keseluruhan bagian tubuh yang berada di permukaan tanah.

Perbedaan sawi putih dengan sayuran sawi hijau dapat dilihat dari ciri fisiknya, sawi hijau memiliki ciri berbatang pendek,daun lebar tetapi tidak besayap,bewarna hijau keputih-putihan,rasanya agak pahit dan sayuran ini banyak dibudidayakan dilahan kering dengan pengairan yang cukup. Sedangkan sawi putih memiliki ciri berbatang pendek,daunnya lebar berwarna hijau tua,halus tangkai panjang,dan bersayap merupaka jenis sawi yang paling banyak dikonsumsi sebagai sayuran segar,karena rasanya paling enak diantara jenis sawi lainnya serta sawi jenis ini dapat hidup di lahan kering.

Sawi putih juga mengandung berbagai macam nutrisi yang diperlukan oleh tubuh dan bermanfaat bagi kesehatan. berikut ini beberapa khasiat yang didapat saat mengkonsumsi sawi putih
  1. Menyehatkan jantung
  2. Sawi putih tinggi akan kandungan vitamin C, beta karoten dan vitamin E. Semua kandungan tersebut dapat mencegah naiknya kadar kolesterol jahat yang dapat mengakibatkan penyumbatan pada pembuluh darah dan penyakit jantung. Selain itu, dalam sawi putih juga terdapat niasin yang menurunkan resiko serangan jantung. Tak hanya itu, kandungan vitamin E juga dapat menjaga kelembapan dan menghaluskan kulit.
  3. Mencegah kanker
  4. Sawi putih ternyata dapat mencegah berbagai macam kanker, seperti kanker payudara, ginjal, kandungan, paru – paru dll. Sebab, adanya kandungan Isotiosianat dan Indole di dalam sawi yang berguna mengendalikan enzim dalam proses detoksifikasi.
  5. Mencegah osteoporosis
  6. Kandungan vitamin K yang tinggi dapat ditemukan pada sawi putih. Manfaat dari vitamin K adalah menjaga kepadatan tulang supaya terhindar dari osteoporosis.
  7. Menyehatkan mata
  8. Sawi Putih mengandung vitamin A yang dapat menyehatkan mata dan berfungsi mengeluarkan keratin dengan sel epitel.
  9. Mencegah resiko cacat pada bayi
  10. Tingginya kandungan asam folat dalam sawi putih, sangat berguna untuk ibu sedang hamil. Sebab, asam folat dapat mencegah terjadinya bayi lahir cacat, baik cacat fisik ataupun cacat mental. Selain itu, asam folat juga membantu meningkatkan produktivitas hemoglobin, sehingga dapat terhindar dari anemia.
  11. Mencegah penyakit gondok
  12. Sawi putih dapat menghambat kerja kelenjar tiroid yang dapat mengakibatkan penyakit gondok. Hal tersebut dikarenakan kandungan goitrogen dalam sawi putih.
Itulah tadi beberapa khasiat mengkonsumsi sawi putih bagi kesehatan. Jadi, sawi putih merupakan salah satu jenis dari sayuran sawi yang memiliki manfaat bagi kesehatan, untuk mendapatkan sayuran ini tidaklah susah, anda bisa banyak menjumpainya di pasar-pasar tradisional atau modern. Sayuran ini juga bisa dipesan kepada kami supplier sayur buah surabaya


Berkah Sayur
Supplier sayur buah surabaya
0857-0404-344-5


0 komentar:

Posting Komentar

Berkah Sayur - Supplier Sayur dan Buah Surabaya (0821-65444240). Diberdayakan oleh Blogger.
.comment-content a {display: none;}