Home » » Bunga Kol

Bunga Kol

Posted by Supplier sayur dan buah surabaya on Minggu, 31 Mei 2015

Bunga kol atau kubis bunga (botrytis) merupakan jenis sayuran yang mirip dengan brokoli. Perbedaannya, kubis bunga ini memiliki kepala bunga yang banyak dan teratur dengan padat. Pada dasar kepala tersebut terdapat daun daun hijau yang tebal dan tersusun rapat. Kembang kol memiliki banyak manfaat bangi kesehatan, seperti mengatasi gangguan pencernaan, mencegah efek radiasi ultraviolet, diabetes, radang usus, degenerasi makula, obesitas dan hipertensi.

Kembang kol yang sering kita kenal adalah berwarna putih, namun sebenarnya ada varietas kol lain selain warna putih :
  • Hijau - Kembang kol hijau juga disebut juga brocoflower. Disini juga dikenal ada dua bentuk, yaitu bentuk normal serta varian yang runcing yang disebut Romanesco Brokoli
  • Ungu - Kembang kol berwarna ungu karena zat anthocyanin, yaitu zat yang dikenal sebagai antioksidan yang mempengaruhi warna ke sayuran.
  • Orange - Bunga kol orange ini sangat bergizi karena mengandung vitamin A lebih banyak dibandingkan varietas lainnya.
Kembang kol adalah sumber vitamin C (asam askorbat), folat, vitamin K (phylloquinone) dan vitamin B-6. Vitamin B1 (tiamin), B2 (riboflavin), B3 (niasin), dan sejumlah kecil vitamin E (alfa-tokoferol) . Bunga kol juga menyediakan mineral penting seperti kalsium, magnesium, fosfor, kalium dan mangan tanpa kolesterol berbahaya. Merupakan sumber protein, dan dengan jumlah lemak jenuh yang sangat rendah, daripada lemak lemak tak jenuh dan asam omega-3 lemak esensial yang bermanfaat. Kol juga mengandung serat dan mengandung gula alami lebih rendah, jika dibandingkan dengan anggota keluarga lain seperti brokoli.

Kembang kol memiliki banyak manfaat yang berguna bagi kesehatan karena mengandung nilai gizi yang besar, terutama dapat membantu memerangi beberapa penyakit, meningkatkan kekebalan tubuh dan membantu dalam menjaga sistem metabolisme yang bersih. Manfaat penting kembang kol bagi tubuh kita antara lain :

  • Menjaga kesehatan jantung
  • Pengobatan pernapasan papillomatosis (Penyakit yang disebabkan oleh virus papiloma)
  • Mencegah dan mengobati penyakit kanker
  • Mengurangi resiko degenerasi makula (penyakit terkait usia)
  • Mengurangi kadar hipertensi dan kolesterol
  • Mengurangi resiko penyakit stroke
Itulah kiranya beberapa manfaat penting dari bunga kol. Sayuran jenis ini bisa didapatkan dengan mudah di pasar tradisional atau supermarket manapun di daerah anda, karna sayuran ini merupakan sayuran dengan harga terjangkau. Jika anda memerlukan jenis sayuran ini dalam jumlah besar, anda bisa menghubungi kami Supplier sayur Surabaya

Berkah sayur
0857-0404-344-5



0 komentar:

Posting Komentar

Berkah Sayur - Supplier Sayur dan Buah Surabaya (0821-65444240). Diberdayakan oleh Blogger.
.comment-content a {display: none;}