Home » » Caisim

Caisim

Posted by Supplier sayur dan buah surabaya on Jumat, 22 Januari 2016

 


Caisim (Chinese Cabbage) atau juga namanya dikenal oleh masyarakat Indonesia sebagai Sawi Hijau adalah sejenis sayuran yang termasuk pada spesies Brassica rapa. Budidaya caisim ini cukup gampang, karena tumbuhan ini mudah beradaptasi terhadap perubahan lingkungan. Caisim bisa ditanam di dataran rendah ataupun dataran tinggi yang memiliki udara yang sejuk. Caisim oleh masyarakat kita pada umumnya sering menjadi sayuran pendamping untuk makanan seperti mie bakso maupun mie pangsit.
Caisim selain sering digunakan sebagai sayuran pendamping makanan, caisim juga kadang digunakan untuk obat. Caisim sangat bermanfaat bagi tubuh kita karena mengandung berbagai macam vitamin, beberapa jenis vitamin yang ada pada caisim adalah vitamin A, K, C, E, Karotenoid dan Folat. Caisim juga memiliki kandungan serat yang banyak, yang dibutuhkan tubuh untuk menurunkan kadar kolesterol dan gula darah.

Manfaat caisim ini sudah diakui oleh para ahli dari mancanegara, salah satunya Dr. Joann Manson dari Harvard Medical Scholl yang mengatakan " Consumption of green vegetables can reduce the risk of cardiovascular diseases such as stroke, coronary heart disease, and hypertension. One type of vegetable is very popular in Indonesia is the mustard." maksudnya adalah konsumsi sayuran hijau dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular seperti stroke, jantung koroner, dan hipertensi. Salah satu jenis sayuran yang sangat populer di Indonesia adalah caisim (mustard dalam bahasa Inggris).

Kandungan asam folat pada sayur caisim juga lumayan tinggi, menurut sebuah studi di Amerika Serikat pada tahun 1995 menerangkan bahwa konsumsi asam folat 400 mikrogram per hari dapat mencegah Anda dari penyakit jantung. Selain itu kandungan magnesiumnya juga dapat mencegah tekanan darah tinggi. Caisim juga mengandung niasin yang dapat menurunkan kadar kolesterol dan meningkatkan kadar HDL (kolesterol baik) dimana bisa memperkecil proses ateroskerosis. Itulah manfaat sawi untuk tubuh yang perlu kita ketahui sebagai pengobatan tradisional yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh kita agar selalu sehat.


3 komentar:

  1. Hi,

    What an awesome post! :)

    Let me add here, I've learnt a lot from you about blog commenting and you are so good with my friend. Thanks for mentioning my first guest post about blog commenting at your blog - just shared my experiences and i love the way it's picked up so well here.

    As i always say, if you take time to read, understand, and then comment - your words will flow so naturally, and those would always be from your heart. i don't really care about the niche to comment on, as some people do, because as bloggers, we do come across each other sometimes or the other, and that's exactly how we build those relationships, which turn into such good friendships over time, isn't it?

    thanks for sharing all of this with us. loved the questions in the end and yor apt answer - no one could have answered them better. have a nice week ahead, and happy thanksgiving as well :)


    Agen Bola Terpercaya

    jikalau123@gmail.com

    https://vooranbola.org

    BalasHapus
  2. Thanks, you have made a wonderful post. I love and appreciate your commitment.
    You Are Awesome
    Keep The Good Up
    -RallyRave
    https://www.rallyrave.com

    BalasHapus

Berkah Sayur - Supplier Sayur dan Buah Surabaya (0821-65444240). Diberdayakan oleh Blogger.
.comment-content a {display: none;}