Home » » Quinoa

Quinoa

Posted by Supplier sayur dan buah surabaya on Rabu, 30 Desember 2015


Disebut-sebut sebagai makanan super, sayuran quinoa adalah butiran padat nutrisi yang sangat populer bagi pelaku diet dan penggemar kesehatan.
Quinoa telah digunakan selama ribuan tahun sebagai bahan pokok dari Suku Inca di wilayah Andes di Amerika Selatan. Quinoa disebut sebagai “Emas Inca” dan “Ibu Biji” karena menyediakan stamina dan kekuatan untuk prajurit mereka.
Jika Anda telah meneliti makanan sehat untuk meningkatkan diet Anda, maka Anda mungkin telah menemukan quinoa. Banyak ahli merekomendasikan gandum sehat ini karena kandungan zat gizinya.
Tidak seperti kebanyakan sereal, quinoa sebenarnya adalah biji yang dapat dimakan dan berkaitan dengan bayam dan bit.
Jadi, apa yang ada dalam quinoa yang menjadikannya makanan kesehatan populer, dan mengapa ia merupakan tambahan yang bagus untuk diet apapun?

1. Kaya protein

Biji quinoa merah dan putih mentah kaya akan protein. Berisi setidaknya sembilan asam amino esensial, menjadikannya salah satu makanan paling kaya protein yang dapat kita konsumsi.
Ahli gizi menyatakan bahwa protein yang ditemukan dalam quinoa hampir sama dengan yang ditemukan dalam susu, tetapi memiliki lebih banyak protein dari beras sebesar 7,5%, millet 9,9% dan gandum 14%.

2. Lebih banyak serat dari biji lainnya

Quinoa memiliki setidaknya dua kali serat yang ditemukan dalam biji-bijian lainnya.
Serat adalah bagian yang sangat penting dari diet apapun karena membantu pencernaan, menurunkan kemungkinan sembelit, mencegah penyakit jantung, diabetes meningkatkan dan menurunkan tekanan darah tinggi.
Serat juga bertanggung-jawab dalam mengatur kadar glukosa dan kolesterol, sehingga memungkinkan Anda menghindari penyakit seperti wasir dan obesitas.
Jika Anda ingin menurunkan berat badan, quinoa adalah pilihan baik sebagai sumber serat karena membantu pencernaan Anda dan membuat Anda merasa kenyang untuk waktu yang lama.

3. Mempromosikan pertumbuhan jaringan

Quinoa mengandung lisin, yang bertanggung jawab untuk perbaikan dan pertumbuhan jaringan.
Jika Anda memasangkan diet dengan olahraga, lisin sangat penting karena perbaikan cedera otot yang mungkin Anda miliki.

4. Sumber zat besi

Quinoa merupakan sumber zat besi. Besi adalah vitamin yang memproduksi sel-sel darah merah yang sehat, dan juga bertanggung jawab untuk membuat hemoglobin. Besi membawa oksigen dari satu sel ke sel lain, sehingga memasok tubuh kita dengan oksigen.
Hal ini juga bertanggung jawab untuk mengatur suhu tubuh, sintesis neurotransmitter, dan meningkatkan fungsi otak dan stimulasi aktivitas enzim.

5. Menyediakan magnesium

Quinoa mengandung magnesium, yang merupakan elemen yang merelaksasi pembuluh darah, sehingga membantu Anda untuk menghindari migrain dan sakit kepala.
Magnesium juga merupakan cara terbaik untuk mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2 dengan menurunkan gula darah Anda.
Ini juga merupakan cara yang bagus untuk mengontrol suhu tubuh Anda, mendetoksifikasi tubuh Anda dari radikal bebas dan menghasilkan energi yang cukup bagi Anda untuk melakukan tugas-tugas harian Anda.

6. Merupakan karbohidrat pintar

Banyak diet yang berkata tidak untuk karbohidrat, tapi quinoa sebenarnya semacam karbohidrat cerdas yang memiliki indeks glikemik yang sangat rendah, sehingga tidak menimbulkan lonjakan kadar gula darah.
Kelebihan lainnya: ¼ cangkir quinoa kering hanya mengandung 172 kalori, yang sebagian besar berasal dari karbohidrat kompleks, lemak sehat dan serat.

7. Serbaguna dan mudah dimasak

Selain nutrisi yang disebutkan di atas, quinoa memiliki rasa yang enak, bahkan jika Anda memakannya sendiri. Beberapa resep hanya membutuhkan garam laut, jus lemon dan minyak zaitun, dan kemudian selesai!
Hal ini juga sangat mudah untuk memasak, mengambil hanya sekitar 10 sampai 15 menit untuk melakukannya.
Quinoa juga merupakan makanan yang sangat serbaguna, yang dapat disajikan sebagai sereal untuk sarapan, sebagai salad atau sebagai makanan pendamping, dan sejalan dengan baik dengan berbagai daging, ikan dan sayuran

Tips Keamanan

Quinoa dilapisi dengan bahan kimia beracun yang disebut saponin, sehingga Anda harus membilas biji secara menyeluruh sebelum memasaknya.
Sementara tersedia secara komersial, quinoa mungkin telah melalui metode pembersihan yang menghilangkan saponin, namun Anda masih direkomendasikan untuk membilasnya lagi.
Walaupun merupakan makanan super, masih disarankan untuk memasukkan berbagai biji-bijian ke dalam diet anda – jadi konsumsilah secara teratur, tetapi tidak perlu setiap hari. Setelah itu untuk beberapa makanan seminggu sudah cukup baik.

Berkah Sayur
0857 0404 344 5


0 komentar:

Posting Komentar

Berkah Sayur - Supplier Sayur dan Buah Surabaya (0821-65444240). Diberdayakan oleh Blogger.
.comment-content a {display: none;}