Home » » Endive

Endive

Posted by Supplier sayur dan buah surabaya on Jumat, 11 Desember 2015


Endive (pengucapan: /ˈɛndaɪv/), Cichorium endivia adalah sayuran yang termasuk ke dalam familia Asteraceae. Endive dapat dimasak atau dimakan mentah dalam salad.

Teknik menanam endive ditemukan secara tidak sengaja pada tahun 1830-an di Josaphat valley, Schaerbeek, Belgia. Endive ditanam untuk makanan dengan memotong daunnya, kemudian menutupi pokok dan akarnya di tempat gelap. Ranting baru akan muncul tapi tanpa sinar matahari akan tumbuh berwarna putih dan tidak pahit. Saat ini Perancis adalah negara penghasil endive terbesar di dunia.

Endive termasuk ke dalam genus Cichorium, yang memiliki berbagai spesies sayuran pahit seperti Cichorium endivia, Cichorium pumilum, dan Cichorium intybus. Endive mengandung banyak vitamin dan mineral, terutama folate, vitamin A, vitamin K, dan serat. Ada tiga jenis endive: Curly endive, Frisée, dan Escarole.


Manfaat belgian endive dan cara memasaknya memang banyak dicari karena ini bukan sayuran hijau asli Indonesia. Sayuran Belgian endive memang jenis sayuran yang asli berasal dari negara Belgia. Sayuran ini memiliki bentuk seperti jantung pisang dengan warna putih mengkilap. Belgian endive sudah terkenal sejak tahun 1835 dan sekarang sudah menyebar di berbagai negara termasuk Indonesia.Beberapa negara Eropa mengenal Belgian endive sebagai sayuran yang mewah karena rasanya yang sangat lezat. Rasa awalnya memang sangat taja, sehingga sering menjadi hidangan pembuka.
Manfaat Belgian Endive Paling Menakjubkan
Belgian endive memiliki bentuk kecil, berwarna putih dengan bentuk persis seperti pangkal sayuran sawi putih. Ada banyak orang mengenal endive karena rasanya yang sangat lezat meskipun sedikit pahit. Dibalik rasanya yang juga lezat tersimpan manfaat yang sangat kaya untuk kesehatan. Simak ulasan manfaat lezatnya Belgian endive berikut ini:
Menjaga Kesehatan Mata
Sayuran Belgian endive memang tidak hanya mewah dan lezat tapi juga sumber vitamin A. dalam setiap 100 gram Belgian endive mengandung setidaknya 2223 IU vitamin A. vitamin A akan membantu memelihara kesehatan mata, melindung mata dari berbagai penyakit seperti degenerasi makula, katarak, dan berbagai jenis penyakit mata lain. Menjaga kesehatan mata bisa Anda lakukan mulai dari sekarang, karena itu perkaya nutrisi sayuran Anda dengan Belgian endive.
Sumber Vitamin E Tinggi
Tubuh kita memerlukan vitamin E untuk bisa menjalankan metabolisme dan fungsi lain. Salah satu sumber vitamin E alami yang bisa Anda dapatkan adalah Belgian endive. Ingat bahwa tubuh Anda tidak menghasilkan vitamin E sehingga harus didapatkan dari luar. Vitamin E sangat penting untuk tubuh karena memiliki beberapa fungsi seperti:
  • Melindung sistem kerja otak sehingga bisa membantu menghindari penyakit Alzheimer.
  • Membantu meningkatkan proses pemulihan molekul dan sel tubuh yang sudah rusak.
  • Membuat penampilan kulit menjadi lebih sehat dan penyerapan kolagen bersama dengan vitamin C.
  • Melindungi tubuh dari ancaman kanker prostat untuk laki-laki.
Menurunkan Berat Badan

Anda tentu ingin memiliki tubuh yang sehat, ideal dan berat badan yang sesuai dengan porsi tubuh. Namun kebiasaan makan dan pola hidup yang buruk sering menyebabkan berat badan berlebihan. Untuk mengatasi hal ini maka Anda bisa mencoba mengkonsumsi secara rutin Belgian endive. Dalam setiap 100 gram Belgian endive hanya memiliki sekitar 19 kalori. Kalori yang rendah akan membuat tubuh menjadi lebih sehat. Anda bisa makan lebih banyak dan tidak perlu khawatir dengan kenaikan berat badan.

Melindungi Tubuh dari Tekanan Darah Tinggi
Penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi memang sangat  umum terutama untuk usia senja. Namun Anda bisa melindungi tubuh agar tidak terkena penyakit tekanan darah tinggi dengan sering makan Belgian endive. Khasiat sayuran ini mengandung beberapa mineral seperti zat besi, mangan, kalium dan tembaga. Mineral ini akan melindungi tubuh dari penyakit tekanan darah tinggi karena efek kelebihan garam. Namun lebih baik lagi jika Anda juga mengurangi konsumsi garam yang berlebihan.

Perlindungan Tubuh dari Kanker
Belgian endive memang sayuran mewah yang penuh dengan khasiat. Salah satunya adalah membantu tubuh agar tidak terkena kanker termasuk kanker paru-paru. Hal ini disebabkan karena Belgian endive adalah sumber beta karoten dan vitamin A. kedua jenis vitamin ini bisa membantu tubuh melawan pembentukan sel kanker. Jadi lindungi tubuh Anda dari kanker dengan Belgian endive.

Belgian endive memang bukan sayuran hijau namun memiliki warna yang lebih putih. Tapi khasiat dan manfaatnya tidak kalah dengan sayuran hijau lain seperti arugula, bayam atau asparagus. Anda bisa menggabungkan beberapa sayuran dalam satu sajian untuk mendapatkan manfaatnya dengan penuh.

Berkah Sayur
Supplier sayur buah surabaya
0857-0404-344-5


0 komentar:

Posting Komentar

Berkah Sayur - Supplier Sayur dan Buah Surabaya (0821-65444240). Diberdayakan oleh Blogger.
.comment-content a {display: none;}