Home » » Kemangi

Kemangi

Posted by Supplier sayur dan buah surabaya on Jumat, 16 Oktober 2015


Kemangi mempunyai nama latin Ocimum basilicum yang berarti tumbuhan beraroma. Hal ini merujuk pada aroma khas yang keluar dari daun kemangi. Di Indonesia sendiri kemangi lebih sering dimanfaatkan sebagai pelengkap berbagai jenis masakan untuk menambah aroma yang menggugah selera. Salah satunya adalah pepes.

Kemangi adalah tumbuhan yang gemar tumbuh ketika musim hujan mulai berlangsung. Tumbuhan ini memiliki pohon berukuran kecil menyerupai rumput. Tubuhnya diblut oleh bulu halus yang aman untuk disentuh. Didalam bunga kemangi, terdapat biji yang banyak dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai bahan pengganti biji selasih. Daun tumbuhan kemangi memiliki rasa dan aroma yang khas. Rasa dan aroma tersebut kemudian membuat daun ini banyak digunakan sebagai lalap makan bersama penyet ikan.

Namun, selain digunakan sebagai sayuran dan bumbu masak daun kemangi juga bermanfaat bagi kesehatan. Hal ini tidak lepas dari kandungan senyawa yang terdapat di dalamnya.

Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat daun kemangi yang pertama adalah sebagai obat penjaga kesehatan mata. Daun kemangi mengandung vitamin A yang mampu menjaga kesehatan mata. Cara mengkonsumsinya adalah dalam bentuk minuman atau dapat juga dimakan mentah bersama nasi. Meskipun vitamin A yang terkandung dalam daun kemangi tidak sebanyak vitamin A dalam wortel, namun jumlah tersebut masih cukup untuk menjaga kesehatan mata.

Mengatasi Bau Mulut

Mungkin tidak banyak yang tahu, bahwa daun kemangi juga sangat ampuh mengobati masalah bau mulut. Selain bau mulut, kemangi juga mampu menanggulangi bau badan yang tidak sedap. Oleh karena itu, banyak ramuan tradisional yang melibatkan daun kemangi untuk mengobati masalah bau mulut dan bau badan.

Melawan Menopouse Dini

Dibalik aromanya yang khas, daun kemangi merupakan tanaman herbal yang dapat dijadikan sebagai obat penunda menopouse. Daun kemangi merupakan daun yang mengandung zat triptofan yang mampu menghambat datangnya menopouse. Karena itulah, jika anda ingin agar lebih lambat mengalami menopouse konsumsilah dan kemangi setiap hari. Selain itu, zat triptofan dalam daun kemangi juga mampu menghambat terbentuknya keriput pada kulit dan juga mengangkat sel kulit mati. Dengan begitu, anda akan menjadi lebih cantik dan sehat.

Mengobati Batuk dan Pilek

Khasiat daun kemangi yang berikutnya adalah sebagai pencegah batuk pilek. Daun yang kerap dijadikan lalapan ini mengandung zat yang mampu menjauhkan bakteri penyebab batuk dan pilek. Manfaat tersebut dapat anda dapatkan dengan meminum wedang kemangi saat hangat ketika musim dingin. Selain dapat mengobati batuk pilek, daun kemangi juga mampu menghangatkan tubuh sehingga tubuh dapat terasa nyaman.

Mengobati Keputihan

Di dalam daun kemangi terdapat kandungan antibiotik alami yang mampu membunuh kuman penyebab keputihan. Cara memakainya adalah dengan memakan daun kemangi mentah-mentah bersama nasi. Selain dapat menghindari keputihan, daun kemangi juga mampu menjaga aroma alat reproduksi agar tetap sedap. Dengan begitu, anda akan merasa percaya diri saat berdekatan dengan suami.

Sebagai Antiradang

Manfaat yang berikutnya adalah sebagai obat anti peradangan hal tersebut dikarenakan daun kemangi mengandung zat cineole myrcene dan eugenol yang berperan sebagai antibiotik alami dalam tubuh. Antibiotik tersebut berperan penting dalam mencegah terjadinya peradangan pada tubuh. Karena itulah mengkonsumsi daun kemangi dapat membuat anda terhindar dari peradangan.

Menjaga Kesehatan Jantung

Kegunaan dari tanaman ini yang keenam adalah sebagai obat penjaga kesehatan jantung. Hal tersebut dikarenakan daun kemangi mengandung betakaroten dan magnesium yang sangat tinggi. Tak heran jika dengan mengkonsumsi daun kemangi, jantung anda akan tetap terjaga kesehatannya. anda dapat mengkonsumsi daun kemangi dalam bentuk daun asli atau sebagai minuman hangat.

Dengan segudang manfaat diatas maka merugilah jika tidak mengkonsumsi sayuran satu ini. Untuk mendapatkannya anda bisa memesannya kepada kami supplier sayur buah surabaya

Berkah Sayur
Supplier sayur buah surabaya
0857-0404-344-5


1 komentar:

Berkah Sayur - Supplier Sayur dan Buah Surabaya (0821-65444240). Diberdayakan oleh Blogger.
.comment-content a {display: none;}