Home » » Daun Kucai

Daun Kucai

Posted by Supplier sayur dan buah surabaya on Senin, 05 Oktober 2015


Kucai (Allium tuberosum Rottler ex Spreng. dan A. ramosus), atau bawang kucai serta daun kucai, dikenal sebagai sayuran daun dan biasa disajikan dalam irisan kecil-kecil. Tapi di Indonesia Kucai jarang dipakai sebagai menu makanan. Kucai lebih banyak dipakai untuk masakan Tiongkok dan Jepang seperti, bubur ayam dan isi Jiaozi.

Tanaman rumpun beraroma segar ini memiliki zat antikanker, antihipertensi, antibakteri dan antioksidan. Dalam 100 gr kucai memiliki kandungan energi 45 kkal, protein 2,2 2 gr, lemak 0,3 gr, kalsium 52 mg, fosfor 50 mg, besi 1,1 mg, vitamin A 40 IU, vitamin C 17 mg, dan vitamin B1 0,11 mg. Vitamin C sangat bagus untuk menjaga kesehatan kulit, seperti mencerahkan kulit, mencegah penuaan dini, mengencangkan kulit, memutihkan kulit, menghilangkan jerawat dan masih banyak lagi manfaat lainnya.

Menurut dr. Nany Leksokumoro, MS., SpGK, dokter spesialis gizi klinik, untuk mempunyai kulit cantik yang pertama harus sehat. Karena sehat bagi wanita akan berdampak pada kecantikan. Kecantikan sendiri bukan hanya kecantikan luar saja, tetapi harus ada inner beauty, bukan hanya semata-mata cantik dari tubuh saja. Kucai dikatakan dapat membuat kulit menjadi sehat karena kucai termasuk jenis tanaman yang tergolong dalam karbohidrat kompleks dan merupakan sumber serat yang baik. Memiliki kandungan antioksidan yang banyak, tinggi akan protein dan vitamin-vitamin yang mutlak diperlukan untuk melawan proses penuaan.

Selain bermanfaat untuk masakan, kucai ternyata bermanfaat untuk kesehatan. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari kucai untuk kesehatan.

Menurunkan berat badan
Kucai bermanfaat untuk menurunkan berat badan, makanan ini banyak dikonsumsi bagi mereka yang sedang diet. Kucai sarat dengan antioksidan, serat, vitamin, kalsium dan mineral. Yang baik untuk kesehatan tubuh.

Menurunkan tekanan darah dan kolestrol
Kucai mengandung allicin, sama seperti bawang putih dan daun bawang. Allicin dapat bermanfaat untuk mengurangi tekanan darah dan menurunkan kolestrol dalam tubuh. Selain itu, juga bermanfaat untuk menghilangkan bakyeri dan jamur dalam saluran usus.

Mencegah sembelit
Kucai kaya akan serat makanan yang dapat membantu mempelancar pencernaan. Fiber yang terdapat dalam kucai mampu menghilangkan sembelit.

Mencegah kanker
Flavonoid dan sulfur yang terdapat dalam kucai dapat mencegah beberapa jenis kanker. . Seperti, kanker usus besar, kanker payudara, kanker prostat, kanker paru-paru dan kanker perut. Kucai dapat melawan radikan bebas dan mencegah perkembangan kanker

Mengatasi masalah kulit
Kucai memiliki sifat anti bakteri dan anti jamur yang sangat baik untuk mengatasi infeksi kulit. Gunakan kucai saat memakai lotion, scrab dan luka. Kucai juga dapat membunuh bakteri dan jamur saat kulit Anda mengalami memar.

Membantu mencegah jerawat
Beta karoten yang terdapat dalam daun bawang bermanfaat untuk membersihkan kulit, sehingga kulit terbebas dari jerawat. Asupan periodik kucai dapat mempercerah kulit.

Mencegah rambut rusak
Daun kucai dapat memperkuat folikel rambut dan meningkatkan aliran darah dari kulit kepala ke akar. Kucai digunakan dalam beberapa produk perawatan rambut, karena dikenal untuk menghentikan rambut rontok.

Berkah Sayur
Supplier Sayur Buah Surabaya
0857-0404-344-5


0 komentar:

Posting Komentar

Manage By :
PT. Berkah Kulina Nusantara
Jl. Raya Gunung Sari No.211 - Surabaya
Office Phone : 031-99532605
Berkah Sayur - Supplier Sayur dan Buah Surabaya (0857 0404 344 5). Diberdayakan oleh Blogger.
.comment-content a {display: none;}