Home » » Rosemary

Rosemary

Posted by Supplier sayur dan buah surabaya on Sabtu, 05 September 2015

Bunga rosemary atau rosmari merupakan tanaman yang sering kita dengar sebagai tanaman yang tahan terhadap hama dan penyakit. Bunga rosemary sering digunakan untuk bahan pembuat teh dan bahan campuran pembuatan makanan. Bunga yang memiliki nama ilmiah Rosemarynus Officinalis ini menurut sejarah berasal dari Eropa. Makna bunga rosemary ini dalam hubungan percintaan memilki makna bahwa seseorang memilki memori yang begitu kuat dan tak akan terlupakan. Bentuk bunga rosemary berwarna ungu pucat hingga biru gelap.

Sayur famili lamiaceae ini perlu cukup air dan sinar matahari. Bentuk daunnya sangat sempit, oval kecil, berujung runcing, dengan warna hijau gelap di atasnya dan keabuan di bawah daun. Bunga ini dapat tumbuh 1,5-2 m. Habitat bunga rosemary ini daerah pengunungan yang berhawa sejuk dan kering.

Rosemary adalah ramuan umum yang biasa digunakan sebagai bumbu masakan, khususnya hidangan barat. Tumbuhan ini memiliki aroma yang harum, juga dikenal dengan nama embun laut. Rosemary memiliki sejumlah kandungan nutrisi sehat yang bisa menjadi manfaat besar untuk tubuh Anda. Berikut ini beberapa manfaat rosemary bagi kesehatan.

1 . Baik Sebagai Anti Bakteri

Rosemary dipercaya dapat meningkatkan daya tahan tubuh yang berperan untuk melawan bakteri yang menyebabkan sakit perut. Selain itu juga memiliki kandungan sifat anti bakteri yang melindungi Anda dari infeksi staph.

2 . Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Pencernaan yang buruk akibat makanan yang dikonsumsi dapat menyebabkan diare, sembelit, gangguan pencernaan, kram perut, perut kembung dan masalah lambung lainnya. Untuk mencegah hal ini, Anda dapat menggunakan rosemary sebagai solusinya.

3 . Meningkatkan Kesuburan Rambut

Rosemary juga dipercaya dapat meningkatkan kesuburan rambut, membuatnya tetap panjang, dan indah.

Campurkan 1 sendok makan minyak rosemary, 2 sendok minyak almond lalu pijat kulit kepala Anda selama 20 menit setiap hari selama 6-7 bulan.

4 . Meningkatkan Sirkulasi Darah

Minyak rosemary dapat meningkatkan sirkulasi darah pada kulit kepala. Gunakan ujung jari Anda yang telah dioleskan minyak esensial dan lakukan pijatan pada kulit kepala dengan gerakan melingkar untuk merasakan hasilnya.

5 . Membantu Fungsi dan Kerja Ginjal

Rosemary diketahui sebagai bahan alami yang mengandung diuretik karena membantu mengurangi kembung dan retensi air dalam tubuh Anda.

Rosemary biasa digunakan dan ditambahkan dalam membuat ramuan dalam diet karena akan meningkatkan produksi dan aliran urine. Ini tentunya secara langsung juga akan membantu fungsi ginjal untuk membuang kelebihan air pada tubuh Anda sehingga membuat jumlah air pada ginjal berada pada sisi normal.

6 . Dapat Mengatasi Masalah Pernapasan

Selama bertahun-tahun, rosemary telah diyakini dapat membantu Anda yang menderita masalah pernapasan. Menghirup aroma minyak rosemary membantu melarutkan pernapasan yang tersumbat seperti flu, pilek alergi, iritasi tenggorokan dan sinus.

7 . Meningkatkan Memori dan Konsentrasi Otak 

Rosemary secara signifikan dapat meningkatkan kinerja otak yang juga akan berpengaruh pada peningkatan konsentrasi dan kemampuan dalam hal daya ingat.

Tetapi penting juga Anda ketahui saat mengonsumsi terlalu banyak rosemary juga akan melemahkan fungsi kognitif Anda.

8 . Dapat Mencegah Kanker

Asam carnosol, asam ursolat carnosic dan asam rosmarinic yang ditemukan pada rosemary dapat mencegah atau menekan perkembangan tumor dan kanker di tubuh.

Selain itu juga mengurangi risiko kanker usus besar, payudara, perut, hati, sel melanoma dan sel-sel leukemia.

9 . Memperlambat Proses Penuaan

Karena memiliki sifat anti – inflamasi dan kandungan antioksidan, rosemary menjadi bahan yang banyak digunakan untuk krim anti – penuaan dan lotion. Tidak hanya merangsang regenerasi kulit, tetapi juga membuat dan meningkatkan kecerahan warna kulit secara keseluruhan.

Seperti itulah kiranya manfaat dari tumbuhan atau sayuran rosemary. semoga bisa bermanfaat bagi para pembaca sekalian

Berkah Sayur


1 komentar:

Berkah Sayur - Supplier Sayur dan Buah Surabaya (0821-65444240). Diberdayakan oleh Blogger.
.comment-content a {display: none;}