Home » » Pakcoy

Pakcoy

Posted by Supplier sayur dan buah surabaya on Kamis, 13 Agustus 2015


Sawi sendok (pakcoy atau bok choy) merupakan jenis sayuran daun kerabat sawi yang mulai dikenal pula dalam dunia boga Indonesia. Cara memasak sayur pokcoy pun hampir sama dengan sawi biasa, namun sayuran ini sedikit lebih cepat matang daripada sawi hijau biasa, karena memang rata-rata sawi ini dipanen saat usianya masih muda (baby pokcoy) sehingga kita tidak disarankan untuk memasaknya terlalu lama. Karena jika demikian, sayuran ini akan terasa kurang nikmat.

Sawi pakcoy banyak mengandung vitamin dan mineral. Kadar vitamin K, A, C, E, dan folat pada sawi tergolong dalam kategori excellent. Mineral pada sawi yang tergolong dalam kategori excellent adalah mangan dan kalsium. Sawi juga excellent dalam hal asam amino triptofan dan serat pangan (dietaryfiber). Kandungan vitamin K pada pada sayuran ini sangat tinggi, yaitu mencapai 419,3 mkg per cangkir. Sehingga mengonsumsi satu cangkir sawi sudah dapat memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin K per hari.

Sayur pakcoy juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan seperti sayuran hijau lainnya, antara lain adalah :
  1. Baik untuk kesehatan mata
  2. sayur pokcoy atau sawi sendok ini memiliki kandungan vitamin A yang cukup kaya. Seperti yang sudah kita ketahui, vitamin A adalah vitamin yang identik dengan mata, karena memang vitamin ini dapat berguna untuk menjaga kesehatan mata kita khususnya pada bagian kornea mata.
  3. Membantu proses pembekuan darah
  4. Sayuran yang memiliki nama latin Brassica rapa ini juga memiliki kandungan vitamin K yang cukup besar. Ada yang belum tau manfaat vitamin K? Peran vitamin K dalam tubuh kita cukup beragam, namun yang paling dominan adalah untuk membantu proses pembekuan darah jika terjadi luka, sehingga luka akan lebih cepat tertutup untuk mencegah kita kehilangan terlalu banyak darah akibat luka.
  5. Mencegah penyakit kanker
  6. sayuran yang memiliki daun berwarna hijau pekat ini juga dapat membantu untuk mencegah penyakit kanker meskipun dalam dosis yang kecil. Hal ini dikarenakan dalam pakcoy terdapat senyawa glukosinolat. Disamping itu, kandungan vitamin K pada sayur ini juga dipercaya mampu menangani kanker karena dapat bertindak sebagai racun bagi sel-sel kanker.
  7. Baik untuk ibu hamil
  8. sayur pokcoy ternyata juga baik dikonsumsi bagi ibu yang sedang hamil karena mengandung asal folat.
  9. Menjaga sistem pencernaan dan mengurangi kolesterol
  10. Kandungan serat yang terdapat pada sayur pokcoy dapat membantu melancarkan proses pencernaan dalam tubuh kita. Selain itu, peran lain dari serat adalah untuk membantu mengurangi kadar kolesterol. Hal itu terjadi karena di dalam saluran pencernaan, serat akan mengikat asam empedu yang merupakan produk akhir dari kolesterol yang kemudian dikeluarkan bersama kotoran.
Seperti itulah beberapa manfaat sayur pakcoy bgai kesehatan tubuh. Sayur ini bisa didapatkan dengan dipesan melalui kami supplier sayur buah surabaya

Berkah Sayur
0857-0404-344-5


0 komentar:

Posting Komentar

Berkah Sayur - Supplier Sayur dan Buah Surabaya (0821-65444240). Diberdayakan oleh Blogger.
.comment-content a {display: none;}