Home » » Oyong

Oyong

Posted by Supplier sayur dan buah surabaya on Selasa, 25 Agustus 2015


Oyong, merupakan jenis sayuran yang juga sering disebut dengan nama lain, yaitu gambas. Oyong sendiri memiliki bentuk yang mirip dengan timun, terong atau pare. Oyong pada umumnya memiliki warna hijau gelap dan memiliki tekstur permukaan yang kasar.

Dari segi ilmiah, oyong memiliki nama latin Luffa Acutangula. Oyong merupakan jenis tambahan yang hidupnya merambat, dan dapat mudah ditanam di kebun-kebun rumah. Oyong sendiri sejak jaman dahulu dipercaya memiliki berbagai macam manfaat sayur-sayuran yang yang sangat berguna bagi tubuh. Selain banyak mengandung vitamin, dan mineral baik bagi tubuh, beberapa bagian dari oyong juga diyakini dapat membantu menyembuhkan beberapa jenis penyakit atau gangguan ringan pada tubuh.

Oyong sendiri biasa dikonsumsi sebagai bahan campuran pada sayur dan lauk-pauk, umumnya dibuat sebagai sayur bening. Sayur yang memiliki biji di tengah ini ternyata memiliki banyak sekali manfaatnya bagi tubuh. Beberapa manfaat oyong bagi tubuh antara lain :
  1. Menyembuhkan Asma
  2. Sayur oyong ini dipercaya sebagai salah satu jenis sayuran yang dapat menyembuhkan penyakit asma. Mungkin memang tidak hilang hingga 100%, namun paling tidak sayuran hijau bulat ini dapat mengurangi gejala-gejala yang ditimbulkan oleh penyakit asma seperti, sesak nafas, nafas terasa berat namun terasa pendek
  3. Melancarkan Peredaran Darah
  4. Oyong ternyata juga dapat membantu melancarkan peredaran darah. Cara ini dapat dilakukan di rumah, tanpa harus repot-repot membeli berbagai macam jenis multivitamin.
  5. Memperlancar Asi
  6. Fakta mengatakan bahwa sayur oyong dapat membantu menambah dan memperbanyak ASI seperti manfaat daun katuk. Hal ini tentunya akan sangat berguna bagi anda yang sedang menyusui.
  7. Pengobatan Radang Usus
  8. Ketika mengalami peradangan pada usus, sebelum memutuskan untuk pergi ke dokter untuk melakukan pertolongan pertama, cobalah untuk memanggang oyong tua hingga kering. Setelah menjadi kering, tumbuk oyong tersebut, dan seduh dengan menggunakan air panas. Minum larutan tersebut 1 sampai 2 kali dalam sehari untuk membantu mengobati peradangan pada usus.
  9. Mengobati Cacingan
  10. Bagian dari oyong yang dapat mengobati penyakit cacingan adalah bagian bijinya
Sebenarnya masih banyak lagi manfaat sayur oyong yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu disini. Untuk mendapatkannya anda bisa memesan kepada kami supplier sayur buah surabaya

Berkah Sayur
0857-0404-344-5



1 komentar:

Berkah Sayur - Supplier Sayur dan Buah Surabaya (0821-65444240). Diberdayakan oleh Blogger.
.comment-content a {display: none;}