Home » » Gambas

Gambas

Posted by Supplier sayur dan buah surabaya on Sabtu, 01 Agustus 2015


Gambas atau oyong (Luffa acutangula, suku labu-labuan atau Cucurbitaceae), adalah komoditi sayuran minor. Penanamannya biasanya dilakukan di pekarangan atau bagian ladang yang tidak digunakan untuk tanaman lain. Gambas dipanen buahnya ketika masih muda dan diolah sebagai sayur. Sayur gambas di indonesia memiliki bermacam macam sebutan tergantung dengan daerahnya, misalnya di mandailing, orang orang menyebutnya sebagai ceme dan di jawa barat lebih akrab dengan sebutan pitulo. Buah gambas sangat enak untuk dijadikan sayur lalapan untuk makanan sehari hari. Terlalu banyak manfaat dan khasiat sayur gambas untuk kesehatan tubuh sehingga sayur gambas ini digemari oleh semua kalangan.

Didalam buah gambas mengandung cukup banyak kandungan mineral seperti Ca dan Mg. Sayur gambas dipercaya bisa menurunkan darah tinggi hal itu dikarenakan karena kandungan curcubitasin yang terdapat didalam bijinya. Selain sangat ampuh untuk mengobati diabetes, sayur gambas juga dipercaya dapat menyembuhkan penyakit radang usus, asma dan bahkan bisa meningkatkan produktifitas air susu ibu atau ASI. Masih banyak lagi manfaat dan khasiat sayur gambas untuk kesehatan tubuh yang bisa anda rasakan bila anda rajin mengkonsumsi sayur gambas ini dengan rutin dan teratur.

Berikut ini adalah beberapa manfaat sayur gambas (oyong) bagi kesehatan tubuh kita :
  1. Menyehatkan Tulang
  2. Kandungan kalsium, Vitamin K, dan kalium dalam Oyong berkhasiat menjaga kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis.
  3. Melancarkan Sistem Pencernaan
  4. Kandungan serat alami dalam oyong yang tinggi snagat bagus untuk membantu melancarkan pencernaan dan mengatasi beberapa masalah, diantaranya : sembelit, susah BAB, dan lainnya.
  5. Membunuh Sel Kanker
  6. Kandungan Vitamin K dalam oyong bermanfaat memperlambat dan membunuh sel kanker.
  7. Menetralkan Gula Darah
  8. Kandungan Cucurbitasin dan serat yang tinggi dalam Biji oyong sangat bermanfaat membantu menetralkan kadar gula dalam darah sehingga bagus dikonsumsi penderita diabetes.
  9. Mengatasi Cacingan Pada Tubuh
  10. Biji sayur gambas (oyong) yang sudah tua bisa Anda manfaatkan untuk mengobati cacingan pada anak. Caranya dengan menghaluskan biji oyong, kemudian menyeduhnya bersama air panas dan meminumnya secara rutin.
  11. Mengatasi Radang Tenggorokan
  12. Kandungan vitamin C dalam oyong bagus untuk mengatasi penyakit radang tenggorokan. Caranya cukup blender oyong yang masih muda, kemudian tambahkan madu atau gula batu. Minum secara teratur hingga masalah tenggorokan bisa teratasi.
  13. Menjaga Kesehaan Kulit
  14. Kandungan vitamin A, C dan Vitamin K merupakan antioksidan alami yang membantu menjaga kecantikan kulit, misalnya : menghilangkan garis gelap di bawah mata, mencegah penuaan dini dan menghilangkan tanda penuaan kulit.
Dengan beberapa manfaat diatas tidaklah rugi jika kita mengkonsumsi sayur yang satu ini. Sayur gambas dapat dengan mudah ditemukan di Indonesia, karena harganya yang murah sayuran ini banyak dijual di pasar tradisional ataupun pasar modern. Anda juga bisa memesan sayuran ini kepada kami supplier sayur buah surabaya

Berkah Sayur
0857-0404-344-5


0 komentar:

Posting Komentar

Berkah Sayur - Supplier Sayur dan Buah Surabaya (0821-65444240). Diberdayakan oleh Blogger.
.comment-content a {display: none;}