Home » , » Adas

Adas

Posted by Supplier sayur dan buah surabaya on Senin, 17 Agustus 2015


Adas atau adas pedas (Foeniculum vulgare Miller, suku adas-adasan atau Apiaceae) telah lama dikenal sebagai salah satu sayuran untuk pengobatan tradisional. Minyak adas yang dikandung bijinya menjadi salah satu komponen minyak telon. Adas berkhasiat menghilangkan dingin serta dahak dan juga meningkatkan peristaltik saluran cerna, merangsang kentut, meningkatkan nafsu makan dan mampuh menghancurkan batu ginjal.

tanaman adas mempunyai letak daun yang berseling dan majemuk, daunnya menyirip ganda dua dengan posisi sirip-sirip yang letaknya menyempit berbentuk jarum, mempunyai bentuk runcing pada ujung dan pangkalnya. Panjang daun kira-kira 30 cm sampai dengan 50 cm, lebar daun 5 cm sampai dengan 7 cm berwarna hijau muda.

Tumbuhan ini mempunyai bunga yang berbentuk payung majemuk dengan diameter 5 cm sampai dengan 15 cm. Panjang gagang bunga adas kira-kira 2 mm sampai 5 mm, kelopak bunga berbentuk tabung dengan warna hijau, mahkota bunga berwarna kuning dan tumbuh keluar dari ujung batang.

Adas memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, antara lain :
  1. Mengatasi anemia
  2. Zat Besi, histidin dan asam amino yang ditemukan dalam adas, dapat membantu pengobatan anemia. Sedangkan zat besi adalah konstituen utama dari hemoglobin, histidin akan merangsang produksi hemoglobin, dan juga membantu dalam pembentukan berbagai komponen lain dari darah.
  3. Mengatasi gangguan pencernaan
  4. Beberapa unsur minyak esensial dalam adas adalah stimulan, dan dapat merangsang sekresi pencernaan dan asam lambung, mengurangi radang lambung dan usus, serta memfasilitasi penyerapan nutrisi makanan. Selain itu, Adas juga dapat menghilangkan sembelit, dan dengan demikian akan melindungi tubuh dari berbagai masalah usus.
  5. Mengatasi perut kembung
  6. Adas juga sangat populer sebagai antiflatulent, karena sifat karminatif dari asam aspartat yang ditemukan dalam adas. Ekstrak adas dapat digunakan oleh semua orang, mulai dari bayi sampai orang tua, untuk mengurangi perut kembung dan mengusir kelebihan gas dalam perut. Adas biasanya digunakan sebagai obat-obatan untuk mengurangi gejala non-ulkus dispepsia dan perut kembung pada bayi dan anak-anak.
  7. Mengatasi sembelit
  8. Biji adas terutama yang dalam bentuk bubuk, bisa berguna sebagai pencahar. Serat yang terdapat akan membantu membersihkan perut, sedangkan efek stimulannya akan membantu menjaga gerak peristaltik yang tepat dari usus, sehingga membantu mempromosikan ekskresi yang tepat melalui stimulasi asam lambung dan produksi empedu. Adas juga banyak ditemukan pada obat-obatan sakit perut, diare, Irritable Bowel Syndrome (IBS), dan masalah usus lainnya.
  9. Mencegah penyakit jantung
  10. Adas merupakan sumber serat, seperti yang disebutkan di atas. Selain menguntungkan pencernaan, serat dalam adas juga membantu menjaga kadar kolesterol baik(HDL) dalam darah. Juga menstimulasi agar kolesterol jahat(LDL) dapat diturunkan, yaitu yang merupakan faktor utama penyakit jantung, artherosclerosis, dan stroke.
Seperti itulah kiranya manfaat dari sayuran buah adas. Adas bisa didapatkan melalui kami supplier sayur buah surabaya . Semoga info ini bisa bermanfaat bagi pembaca sekalian

Berkah Sayur
0857-0404-344-5


0 komentar:

Posting Komentar

Berkah Sayur - Supplier Sayur dan Buah Surabaya (0821-65444240). Diberdayakan oleh Blogger.
.comment-content a {display: none;}