Home » » Tauge (Kecambah)

Tauge (Kecambah)

Posted by Supplier sayur dan buah surabaya on Kamis, 23 Juli 2015


Tauge (taoge atau toge) merupakan sejenis sayuran kecambah yang berasal dari biji-bijian, seperti kacang hijau dan kacang kedelai. Namun yang terjadi di masyarakat, ketika seseorang mengatakan Taoge biasanya merujuk pada kecambah dari kacang hijau. Sedangkan kata kecambah berarti merujuk pada kecambah dari biji kacang kedelai. Bentuk kecambah diperoleh setelah biji diproses selama beberapa hari. Proses tersebut dinamakan sebagai perkecambahan.

Bila dibandingkan dengan bijinya, kecambah atau taoge lebih bergizi. Protein taoge lebih tinggi dibandingkan dengan protein biji aslinya. Hal itu terjadi karena selama proses menjadi kecambah terjadi pembentukan asam-asam amino esensial yang merupakan penyusun protein. Proses berkecambah (germinasi) meningkatkan daya cerna karena berkecambah merupakan proses katabolis yang menyediakan zat gizi penting untuk pertumbuhan tanaman. Kandungan gizi yang terdapat pada taoge adalah vitamin A, B kompleks, C, E, serta mineral seperti kalsium, zat besi, magnesium, kalium, serat, folat, asam amino, dan protein.

Tauge juga terbilang jenis sayuran yang murah meriah, hanya dengan selembar uang 2000an ibu-ibu di rumah sudah bisa mendapatkan tauge. Sayuran yang amat terjangkau ini menyimpan segudang manfaat di dalamnya. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang terkandung di dalamnya.

  1. Meningkatkan kesuburan pria
  2. Toge memiliki kandungan vitamin E dan proteinnya yang sangat tinggi, kandungan ini dipercaya dapat meningkatkan kesuburan pria karena berbagai hormon pria dapat dihasilkan dengan rangsangan saat mengkonsumsi tauge. Bahkan sejak dahulu ini beberapa orang telah percaya dengan mengkonsumsi tauge maka akan mampu meningkatkan keperkasaan pria.
  3. Meningkatkan sistem imunitas tubuh
  4. Di balik penampilannya yang kecil, pada tauge telah ditemukan beberapa senyawa yang berguna bagi kesehatan, salah satunya adalah saponin. Senyawa tersebut dipercaya dapat meningkatkan imunitas atau daya tahan pada tubuh kita, dengan menstimulasi interferon dan sel limfosit. Selain itu, vitamin C yang juga dikandung di dalamnya juga memiliki fungsi hampir serupa, yakni untuk menjaga daya tahan tubuh kita agar tetap fit dalam menjalani aktivitas sehari – hari dan mempercepat proses regenerasi atau penyembuhan pada sel.
  5. Sangat baik untuk sistem pencernaan tubuh
  6. Ketika ditanya apakah zat yang paling baik untuk pencernaan, jawabannya pasti SERAT. Serat merupakan kandungan yang terdapat pada berbagai sayuran dan buah buahan, termasuk di dalamnya adalah toge. Dengan konsumsi cukup serat maka akan sangat baik untuk pencernaan.
  7. Menurunkan berat badan
  8. Sama seperti fungsi serat dalam buah-buahan dan sayuran lainnya yaitu menurunkan berat badan. Serat adalah satu dari sekian banyak nutrisi yang sangat baik untuk mencegah kolesterol dalam darah. Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak serat maka anda dapat menurunkan berat badan secara signifikan.
  9. Mencegah anemia
  10. Toge memiliki kandungan asam folat yang sangat baik untuk memproduksi asam amino dan sel darah merah. Produksi sel darah merah yang stabil sangat membantu mencegah terjadinya anemia atau kekurangan sel darah merah.
  11. Sayuran murah untuk meningkatkan semua fungsi tubuh
  12. Toge merupakan salah satu sayuran yang sangat murah meriah yang tersedia setiap hari di pasaran atau tukang sayur. Tauge memiliki ratusan enzim yang sangat baik untuk membantu metabolisme tubuh manusia. Enzim merupakan salah satu zat yang membantu tubuh memanfaatkan vitamin dan menyerap serta memprosesnya dalam tubuh untuk membantu berbagai sel dan sistem tubuh lainnya.
  13. Mencegah diabetes
  14. Toge merupakan salah satu jenis sayuran yang sangat bermanfaat bagi tubuh terutama untuk diabetes, sayuran ini sangat rendah kandungan kalorinya. Serat dalam kandungan toge sangat baik untuk penderita diabetes sehingga anda aman mengkonsumsinya.
Dengan segudang manfaat dari sayuran murah ini maka sangatlah rugi jika anda tidak mengkonsumsinya. Untuk mendapatkan sayuran tauge ini memang sangat mudah, dijual di mana saja baik di pasar tradisional atau modern. Bisa juga dipesan melalui kami supplier sayur buah surabaya

Berkah Sayur
Supplier sayur buah surabaya
0857-0404-344-5


0 komentar:

Posting Komentar

Berkah Sayur - Supplier Sayur dan Buah Surabaya (0821-65444240). Diberdayakan oleh Blogger.
.comment-content a {display: none;}