Home » , » Paprika

Paprika

Posted by Supplier sayur dan buah surabaya on Minggu, 07 Juni 2015


Paprika (Capsicum annuum L.) adalah tumbuhan penghasil buah yang berasa manis dan sedikit pedas dari suku terong-terongan atau solanaceae. Buah paprika memiliki warna hijau, kuning, merah atau ungu, dan sering digunakan sebagai campuran salad karena warnanya yang menarik. Paprika masuk dalam jenis sayuran yang termasuk keluarga cabai, hanya saja paprika tidak memiliki kandungan Capsicin, yaitu zat yang menimbulkan rasa pedas cabai.

Paprika banyak sekali mengandung vitamin dan juga kandungan zat lain yang sangat bermanfaat untuk tubuh kita. Kandungan gizi yang paling umum pada paprika adalah karoten, vitamin B serta vitamin C. Sedangkan dalam paprika hijau, tiap 100 gramnya mengandung protein 0.9g, lemak 0.3g, karbohidrat 4.4g, kalsium 7.0mg, besi 0.4mg, fosfor 22mg, vitamin A 540 IU, vitamin B1 22.0mg, vitamin B2 0.002mg, nyacin 0.4mg dan vitamin C 160mg.

Beberapa manfaat buah paprika yang berguna bagi tubuh kita adalah :
  • Pencegah Kanker
  • Paprika mengandung senyawa lycopene, tapi dalam jumlah yang lebih kecil. Lycopene mampu membunuh sel-sel kanker mulut. Peningkatan intake lycopene menunjukkan penurunan risiko kanker payudara, kanker prostat, pankreas, dan kanker colorectal.
  • Meningkatkan  Kekebalan Tubuh
  • Kandungan vitamin C dalam paprika lebih tinggi dibandingkan dalam kandungan vitamin C dalam jeruk (30-50 mg per 100 gram). Paprika merah mengandung vitamin C paling tinggi yaitu 190 mg per 100 gram. Vitamin C terlibat dalam beberapa proses penting tubuh, mulai dari mengangkut lemak, pengangkutan elekton dari berbagai reaksi enzimatik, pembuatan kalogen (protein berserat yang membentuk jaringan ikat pada tulang), pemacu gusi yang sehat, menjaga tingkat kolesterol, memelihara kekebalan, untuk penyembuhan luka dan meningkatkan fungsi otak agar dapat bekerja maksimal.
  • Pencegah Diabetes 
  • Dengan prevalensi diabetes di seluruh dunia, pertimbangan paprika atau cabai sebagai obat hipoglikemik telah menimbulkan banyak penelitian. Beberapa studi telah menunjukkan (dan meskipun belum menyimpulkan), bahwa capsaicin dapat merangsang produksi insulin yang menyebabkan glukosa lebih rendah. Hal ini akan menentukan kemungkinan manfaat capsicum untuk mencegah timbulnya diabetes tipe II. Potensi manfaat hipoglikemik yang paling tinggi ketika paprika masih hijau.
  • Menjaga Kesehatan Mata dan Kulit
  • Paprika yang mengandung vitamin A yang sangat baik untuk menyembuhkan sakit mata sekaligus mencegah penyakit mata datang lagi. Mengonsumsi paprika juga akan membantu menjaga kesehatan kulit, mencegah ruam dan jerawat.
  • Memperlambat Gejala Menopause
  • Gejala yang terkait menopause juga bisa dikurangi dengan mengkonsumsi buah yang mengandung flavonoid seperti paprika atau cabai.
Untuk mendapatkan buah ini termasuk buah yang mudah ditemui, anda bisa mendapatkannya di pasar sayur terdekat atau di pasar modern, akan tetapi paprika yang biasanya dijual di pasar tradisional adalah paprika yang berwarna merah atau hijau. Paprika jenis lain bisa dipesan melalui kami di supplier sayur buah surabaya

Berkah Sayur
Supplier sayur buah surabaya
0857-0404-344-5


0 komentar:

Posting Komentar

Berkah Sayur - Supplier Sayur dan Buah Surabaya (0821-65444240). Diberdayakan oleh Blogger.
.comment-content a {display: none;}