Home » » Lobak

Lobak

Posted by Supplier sayur dan buah surabaya on Senin, 29 Juni 2015


Lobak merupakan sayuran umbi-umbian yang sekilas mirip kentang atau wortel. Manfaat lobak banyak kita temukan sebagai bahan membuat makanan khususnya dalam membuat acar atau menjadi campuran soto. Tanaman asal Cina ini sudah banyak dikembangkan di Indonesia. Selain sebagai bahan dapur lobak juga dikenal dapat mengobati demam dan gangguan ginjal. Lobak mengandung nutrisi yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh maka tak heran jika jus lobak kaya manfaat untuk kulit.

Sayur Lobak adalah bahan makanan yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Daun Lobak mengandung energi sebesar 30 kilokalori, protein 2,3 gram, karbohidrat 5,8 gram, lemak 0,4 gram, kalsium 140 miligram, fosfor 33 miligram, dan zat besi 4 miligram. Selain itu di dalam Daun Lobak juga terkandung vitamin A sebanyak 1000 IU, vitamin B1 0,07 miligram dan vitamin C 109 miligram. Hasil tersebut didapat dari melakukan penelitian terhadap 100 gram Daun Lobak, dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 70 %.

Dengan memiliki banyak kandungan nutrisi di dalamnya, menjadikan buah lobak sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia. Manfaat yang diperoleh dengan mengkonsumsi buah ini antara lain :
  • Sayuran yang efektif mengobati jamur
  • Lobak diketahui bisa membunuh pertumbuhan jamur yang tidak terkendali di dalam tubuh. Dengan adanya enzim – enzim seperti enzim diastase, amylase, mirosinase serta enzim esterases dapat berguna untuk membunuh jamur – jamur yang pertumbuhannya berlebihan. Selain untuk membunuh jamur pada tubuh, enzim – enzim tersebut juga memiliki manfaat untuk melenyapkan zat – zat berbahaya, virus – virus, dan juga parasite – parasite yang ada di dalam tubuh kita secara efektif.
  • Menyembuhkan batu ginjal
  • Mengkonsumsi lobak secara teratur dapat menjadi alternative pengobatan untuk menghilangkan penyakit batu ginjal. Lobak yang dibuat jus lebih efektif dalam mengobati dan menghilangkan batu ginjal dibandingkan jika lobak dikonsumsi dalam bentuk yang lain. Di samping dapat menghilangkan batu ginjal, jus lobak juga berguna dalam pencegahan pembentukan batu ginjal kembali.
  • Menyembuhkan Liver yang bermasalah
  • Beberapa penelitian menunjukan bahwa lobak putih membantu penyembuhan masalah yang terjadi pada liver. Lobak putih dapat membantu menjaga kenormalan fungsi dari liver. Kandungan di dalam lobak putih dapat mendetoksifikasi liver dan juga bermanfaat mengatur empedu dan bilirubin. Lobak putih bisa membantu pelepasan enzim – enzim yang nantinya akan membantu mencegah liver dari serangan infeksi yang mungkin terjadi serta membantu mengobati luka ataupun bengkak yang terdapat pada liver.
  • Mengobati penyakit kuning
  • Bagi yang menderita penyakit kuning, lobak putih bisa bemanfaat untuk mengobati penyakit kuning. Kandungan di dam lobak putih akan menlenyapkan produksi bilirubin yang berlebihan. Penyakit kuning yang akan menyerang produksi sel-sel darah merah dalam tubuh dan lobak putih dapat memperbaiki ketidaknormalan ini dengan oksigen yang dibawa oleh zat – zat yang terdapat di dalam lobak putih. Selain umbinya, daun juga dapat digunakan sebagai obat penyakit kuning ini.
  • Membantu pengobatan Kanker
  • Lobak putih ternyata juga bisa membantu pengobatan pada penyakit kanker. Vitamin C, asam folic, dan anthocyanins akan mendetoksifikasi radikal – radikal bebas dan membantu efektifitas berbagai treatment dalam upaya penyembuhan kanker. Kanker – kanker seperti kanker usus, kanker perut dan kanker ginjal dapat dapat diredakan dengan konsumsi jus lobak putih.
  • Menyembuhkan Leukoderma
  • Zat – zat yang bersifat mendetoksifikasi dan anti karsinogenik di dalam lobak putih akan membantu penyembuhan leukoderma. Dalam hal ini, biji lobak lah yang dapat sangat berguna dalam pengobatan leukoderma. Biji lobak terlebih dahulu harus dihaluskan lalu dicampur dengan cuka dan digunakan pada bagian kulit yang berwarna putih.
  • Penawar Racun
  • Manfaat lobak putih untuk menawarkan racun sudah tidak diragukan khasiatnya. Dulu lobak ini digunakan untuk penawar racun bagi yang overdosis obat-obatan. Efek yang akan ditimbulkan adalah memuntahkan obat yang masuk di dalam tubuh sehingga tidak berdampak kronis.
Manfaat lobak putih bagi kesehatan sudah tidak diragukan lagi, sayuran ini sangat baik dikonsumsi untuk diet dan menjaga tubuh agar stamina tetap fit sepanjang hari. Untuk mendapatkan jenis sayuran ini anda bisa menghubungi kami supplier sayur buah surabaya

Berkah Sayur
Supplier sayur buah surabaya
0857-0404-344-5


0 komentar:

Posting Komentar

Berkah Sayur - Supplier Sayur dan Buah Surabaya (0821-65444240). Diberdayakan oleh Blogger.
.comment-content a {display: none;}