Home » » Kentang

Kentang

Posted by Supplier sayur dan buah surabaya on Jumat, 12 Juni 2015


Kentang (Solanum tuberosum L.) adalah tanaman dari suku Solanaceae yang memiliki umbi batang yang dapat dimakan dan digemari oleh lapisan masyrakat sebagai bahan pengganti nasi. Kentang merupakan salah satu jenis makanan yang tak asing bagi semua orang. Dengan bentuk fisik yang bulat atau lonjong diserta warna kulit dan buahnya yang kuning membuat kentang menjadi salah satu makanan yang mudah dikenali. 

Banyak orang yang memanfaatkan kentang sebagai makanan alternatif untuk membantu program dietnya. Hal ini dikarenakan kentang kaya akan karbohidrat seperti halnya nasi atau gandum, namun dengan jumlah kalori yang lebih sedikit. Selain itu, kentang mengandung vitamin dan mineral yang tinggi sehingga bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Harganya yang relatif murah dipasaran menjadikan kentang seharusnya menjadi makanan yang bisa dinikmati oleh semua orang. Dengan mengetahui berbagai khasiat kentang yang terkandung di dalamnya tidak ada salahnya menggunakan sayur atau buah ini untuk di konsumsi. Berikut ini manfaat kentang yang berguna bagi kesehatan tubuh kita :

  1. Tinggi Serat
  2. Kentang mengandung serat yang cukup tinggi, sejajar dengan roti gandum, sereal, dan pasta. Dengan kandungan serat yang tinggi tersebut, kentang bermanfaat untuk kesehatan sistem pencernaan. Kentang juga sering dilibatkan banyak orang untuk membantu program diet mereka.
  3. Melawan Penyakit Kanker
  4. Kentang diketahui dapat membantu mengurangi risiko kanker seperti kanker prostat dan kanker rahim. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa kentang baik untuk melawan penyakit jantung. Kentang mengandung vitamin B6 yang dapat membantu anda untuk melawan gangguan saraf dan pembentukan kristal atau tumor.
  5. Baik untuk Kesehatan Kulit
  6. Kentang mengandung vitamin C yang sangat baik bagi tubuh anda terutama kulit wajah. Membalurkan jus kentang di area wajah dapat membuat kulit wajah anda cantik dan bersinar. Seperti halnya timun, potongan kentang yang diletakkan di bagian mata selama 30 menit, diketahui dapat mengurangi pembengkakan dan lingkaran hitam di bawah mata.
  7. Mengurangi Kadar Kolesterol
  8. Mungkin anda sering mendengar banyak mitos tentang bagaimana kentang dapat menggemukkan badan. Namun dalam kenyataannya, kentang tidak mengandung kalori yang banyak seperti halnya nasi. Bahkan kentang memberikan efek kenyang yang lebih lama sehingga anda tidak mudah lapar. Selain itu, kentang dapat membantu anda untuk mengurangi kadar kolesterol.
  9. Membantu Mengurangi Peradangan
  10. Jika anda sedang mengalami peradangan baik eksternal maupun internal, kentang bisa membantu anda untuk mengatasi hal tersebut. Kentang merupakan makanan yang mudah dicerna dan mengurangi peradangan pada usus dan sistem pencernaan. Kentang juga dapat membantu mengatasi peradangan atau luka yang ada di mulut. Untuk peradangan eksternal, jus kentang sangat bermanfaat untuk mengobati memar, luka bakar, keseleo, dan bisul. Selain itu, kentang diketahui dapat membantu melawan efek narkotika dan masalah kulit.
  11. Baik untuk Penderita Batu Ginjal
  12. Kentang memang mengandung zat besi dan kalsium yang juga membantu pembentukan batu ginjal. Namun, kentang sangat kaya akan magnesium yang dapat menolak akumulasi atau deposisi kalsium dalam ginjal dan jaringan lain sehingga kentang terbukti bermanfaat dalam mengobati batu ginjal. Para dokter juga menyarankan penderita batu ginjal untuk melibatkan kentang di setiap makanannya.
  13. Meredakan Stres
  14. Mengandung vitamin B6, kentang sangat bermanfaat untuk menghilangkan stres yang berasal dari pikiran. Kentang membuat hormon adrenalin yang dapat merespon stres, hingga pada akhirnya membuat tubuh menjadi rileks dan memberikan perasaan yang menenangkan.
Kiranya itulah beberapa manfaat penting bagi kesehatan dan tubuh kita. kentang bisa dengan mudah didapatkan di setiap pasar tradisional atau di supermarket. Dalam jumlah besar, kentang juga bisa dipesan melalui supplier sayur surabaya

Berkah Sayur
0857-0404-344-5




1 komentar:

Berkah Sayur - Supplier Sayur dan Buah Surabaya (0821-65444240). Diberdayakan oleh Blogger.
.comment-content a {display: none;}