Home » » Kangkung

Kangkung

Posted by Supplier sayur dan buah surabaya on Minggu, 14 Juni 2015


Kangkung (ipomoea aquatica Forsk) adalah tumbuhan yang termasuk jenis sayur-sayuran dan ditanam sebagai makanan. Kangkung banyak dijual di pasar-pasar. Kangkung sebenarnya sudah dikenal di banyak penjuru dunia dengan berbagai macam sebutan, diantaranya Kangkong (Thailand), Kangkung(Vietnam dan Indonesia), Kankun, Water spinach (Inggris), Weng Cai (China) Water morning glory, River spinach, Water convolvulus, Swamp cabbage, Chinese spinach, dll. Kangkung termasuk dalam keluarga kangkung-kangkungan Convolvulaceae, yang merupakan tanaman yang tumbuhnya sangat cepat dan mudah hidup.

Di Indonesia khususnya atau di Asia tenggara pada umumnya, kangkung adalah makanan yang populer, dan banyak ditemukan disebagian besar masakan. Daun dan batang ujung kangkung yang masih muda bisa dimakan mentah sebagai salad, atau masak sebagai sayuran dan tumis. Sayuran kangkung mengandung nutrisi yang baik seperti vitamin A, B, C, fosfor, zat besi, serat, selenium, asam amino dan kalsium yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Kita akan coba membahas beberapa manfaat sayur kangkung bagi kesehatan :
  • Mengatasi Insomnia
  • Kangkung mengandung unsur sedatif, artinya bisa membuat orang mengantuk dan membuatnya bisa tidur dengan pulas. Hal ini karena selenium dan zinc yang terkandung didalamnya bisa membuat syaraf kendur dan rileks. Semakin rileks syaraf kita, maka tidurpun akan semakin lelap. Akan tetapi bagi orang yang akan memulai beraktifitas, sebaiknya tidak berlebihan mengkonsumsinya.
  • Sebagai Anti Toksin dan Mencegah Sembelit
  • Kangkung memiliki sifat antiracun, sehingga bermanfaat untuk meringankan sakit bisul, hingga perawatan kulit. Hal ini juga meringankan sembelit, karena kangkung juga tinggi mengandung serat.
  • Anti Diabetes Melitus
  • Kangkung yang diekstrak ternyata merupakan bantuan yang baik untuk diabetes melitus. Hal ini karena zat dalam ekstrak kangkung bisa menyerap kelebihan gula dalam darah.
  • Sumber Zat Besi Tubuh
  • Pada umumnya orang mengenal bayam untuk menambah asupan zat besi secara alami. Namun jika Anda mengkonsumsi kangkung, Anda juga akan mendapatkan manfaat yang sama. Sayuran air ini menawarkan Anda zat besi sekitar 2,5mg per 100 gramnya, sehingga baik untuk menambah hemoglobin sehingga bisa mencegah atau mengurangi anemia.
  • Melawan Cacing Parasit Usus
  • Kangkung yang dikonsumsi mentah dapat Kangkung bila dimakan mentah dapat mengeluarkan fasciolopsis buski, yaitu cacing parasit dalam usus manusia dan hewan yang bisa menyebabkan fasciolopsiasis.
  • Menjaga Kesehatan Hati dan Liver
  • Menurut penelitian, kangkung dikatakan bisa mencegah kerusakan hati. Hal ini dikaitkan dengan efek senyawa kimia dalam kangkung yang berkontribusi terhadap modulasi pada enzim detoksifikasi dan antioksidan serta efek radikal bebas.
Selain memiliki fungsi kesehatan, ternyata sayur kangkung juga bisa dipergunakan sebagai obat tradisional yang biasa digunakan selama ini oleh bangsa kita, diantaranya yaitu :
  1. Kangkung sebagai obat tapal untuk mengatasi penyakit kulit seperti kurap, kudis, dll
  2. Kangkung sebagai bantuan untuk keracunan, yang membantu memuntahkan kembali pada orang yang keracunan.
  3. Jus kangkung yang dicampur dengan air untuk mengompres demam.
  4. Rebusan air Kangkung bisa untuk mengobati sembelit.
  5. Kangkung bisa untuk mengobati cacingan
  6. Kangkung bermanfaat Untuk mengobati penyakit kuning dan masalah liver.
  7. Daun Kangkung bisa untuk membantu mengobati diabetes pada wanita hamil.
  8. Kangkung juga digunakan sebagai obat untuk membantu relaksasi dan tidur.
Sayuran kangkung bisa dengan mudah didapatkan dikarenakan harganya yang murah. baik itu di pasar tradisional atau modern sekalipun. Anda bisa memesannya juga kepada kami supplier sayur surabaya dalam jumlah besar

Berkah sayur
0857-0404-344-5


0 komentar:

Posting Komentar

Berkah Sayur - Supplier Sayur dan Buah Surabaya (0821-65444240). Diberdayakan oleh Blogger.
.comment-content a {display: none;}