Home » , » Cabai Merah

Cabai Merah

Posted by Supplier sayur dan buah surabaya on Senin, 22 Juni 2015

Cabai (Capsicum) adalah buah yang sangat sering digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk memasak, terutama bagi masyarakat yang memiliki ciri khas makanan pedas seperti orang Padang dan Jawa. Cabai biasa dikenal sebagai bumbu masakan pada anda yang menyukai cita rasa pedas. Tanaman cabai banyak dijumpai disetiap rumah. Hal ini karena tanaman cabai cukup mudah untuk ditanam dan tidak memerlukan banyak tempat. Cabai tentu saja sebagai salah satu bahan alami yang menghasilkan warna merah dan rasa pedas pada masakan. Meskipun cabai ini sering dikaitkan dengan gangguan pada perut, namun sebenarnya cabai menyimpan manfaat yang amat berguna bagi tubuh.

Mungkin orang lebih mengetahui mengenai kegunaan cabai merah daripada manfaatnya, padahal perlu kita ketahui bahwa Beberapa kandungan penting dalam cabai merah adalah kapsaisin, dihidrokapsaisin, vitamin A, vitamin C, damar, karoten, kapsarubin, zeasantin, kriptosantin, dan mengandung mineral, seperti zat besi, kalsium, dan niasin. Berikut adalah beberapa manfaat cabe merah bagi kesehatan manusia
  1. Mengobati Reumatik
  2. Penyakit rematik yang menyerang sendi manusia ternyata bisa disembuhkan oleh cabai merah. Cara membuat ramuan cabai merah sebagai obat rematik adalah dengan merebus cabai merah sejumlah 10 buah dan direbus dengan air bersih sekitar setengah gelas. Setelah air rebusan hangat, balurkan pada bagian yang terasa sakit akibat rematik. Dengan rasa pedas tersebut kandungan sejenis zat besi da kalium mampu mengobati penderita rematik.
  3. Mengobati Bisul
  4. Bisul adalah salah satu penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan sering menimpa mereka yang memiliki pola hidup tidak sehat. Terkadang bisul sangat menggannggu bila letaknya dibagian tertentu, misal pada pantat, pada wajah dan pada kaki. Untuk mengatasi rasa sakit yang ditimbulkan oleh bisul Anda bisa mengobatinya dengan menggunakan cabai merah. Caranya adalah ambil beberapa helai daun cabai merah kemudian diberi minyak sayur, setelah itu panaskan diatas apa hingga dau layu. Beru setelah itu tempelkan daun cabai layu tersebut pada bagian yang terdapat bisul.
  5. Mencegah Stroke
  6. Manfaat cabai merah selanjutnya adalah untuk mencegah stroke. Penyakit pembunuh ketiga di Indonesia ini mampu dicegah dengan konsumsi cabai merah. Cabai merah bermanfaat untuk memperkecil resiko terjadinya stroke, dapat memperlancar penyumbatan darah, mencegah impotensi dan bahkan mencegah penyakit jantung koroner. Dengan mengkonsumsi cabai merah hal ini akan memperlancar darah dalam tubuh sehingga kerak lemak pada tubuh tidak mampu menyumbat aliran darah. Dengan demikian stroke pun bisa dicegah, bahkan cabai merah dapat mengurangi penggumpalan darah. Hal yang perlu Anda ingat adalah jangan terlalu banyak mengkonsumsi cabai merah karena berdampak buruk bagi sistem pencernaan. Makanlah secukupnya saja.
  7. Mengobati Penyakit Mata Katarak
  8. Ternyata cabai merah berfungsi untuk mengobati penyakit katarak. Hal ini dikarenakan dalam cabai merah terdapat kandungan vitamin C yang bersifat menyembuhkan penyakit katarak pada mata.
  9. Mengobati Sariawan
  10. Sehubungan dengan kandungan vitamin C pada cabai merah hal ini pula yang menjadikan fungsi cabai merah untuk mengobati sariawan pada mulut. Bila Anda mengalami sariawan, Anda bisa menggunakan cabai merah untuk menyembuhkan sariawan.
  11. Menambah Nafsu Makan
  12. Kegunaan cabai merah untuk kesehatan juga berguna sebagai stimulan yang mampu membuat nafsu makan seseorang bertambah. Apabila Anda merasakan pedas saat mengkonsumsi makanan atau hidangan, pasti Anda lebih memilih untuk melanjutkan makan daripada berhenti. Ini terjadi karena cabai merah memiliki sifat stimulan.
Melihat beberapa manfaat diatas, sebenarnya cabai termasuk kedalam golongan sayuran herbal yang sebenarnya amat menyehatkan. Namun pada perkembangannya banyak dilakukan pengawetan pada jenis bahan makanan ini. Ini justru merusak kandungan alami pada cabai tersebut dan berpotensi membuat permasalahan kesehatan yang lain.

Maka dari itu, kita harus pintar-pintar dalam memilih bahan makanan yang alami dalam bentuk yang masih segar. Pada cabai itu sendiri, apabila dikonsumsi pada orang yang memiliki sensitifitas pada makanan yang pedas, harus dikonsumsi dalam batasan yang wajar dan tidak berlebihan. Karena kita selayaknya menginkan manfaat cabai kita peroleh dengan baik, bukan efek samping karena mengkonsumsinya yang terlalu banyak.

Untuk mendapatkan Buah Cabai ini anda bisa membelinya di pasar-pasar tradisional atau di para penjual sayur di sekitar rumah anda. Untuk mendapatkan sayuran ini juga bisa menghubungi kami supplier sayur buah surabaya

Berkah Sayur
Supplier sayur dan buah Surabaya
0857-0404-344-5


0 komentar:

Posting Komentar

Berkah Sayur - Supplier Sayur dan Buah Surabaya (0821-65444240). Diberdayakan oleh Blogger.
.comment-content a {display: none;}