Home » » Buncis

Buncis

Posted by Supplier sayur dan buah surabaya on Rabu, 24 Juni 2015


Buncis (Phaseolus vulgaris L.) merupakan sejenis polong-polongan yang dapat dimakan dengan cara dimasak / direbus terlebih dahulu ataupun dimakan langsung. Buah, biji dan daunnya dimanfaarkan orang sebagai sayuran. Sayuran buncis sangat kaya akan kandungan gizi dan nutrisinya, terutama kandungan protein di dalamnya. Buncis dikenal untuk pelengkap bahan makanan seperti sayur sop, oseng-oseng atau tumis buncis, cah buncis dengan sayuran lainnya, hingga direbus sebagai lalapan. Buncis memang tidak sulit untuk ditemui sebab di pasar atau di supermarket pun kita bisa mendapatkannya dengan harga yang tentunya tidaklah mahal.

Sayuran ini memiliki kandungan lignin, enzym protease inhibitor, potassium, fosfor, serat, dan kalsium. Selain itu kandungan zat aktif dalam sayuran ini memiliki zat b-sitosterol dan stigmasterol yang mampu meningkatkan produksi insulin. Zat ini berfungsi sebagai pengontrol kadar gula dalam darah sehingga zat ini berguna untuk menekan tingkat kadar gula dalam darah. Hal tersebut pernah dibuktikan dalam suatu percobaan yang dilakukan pada seekor tikus. Tikus tersebut kemudian diberikan induksi diabetes, setelah diberi ekstrak buncis, alhasil kadar gula pada tikus akhirnya normal.

Selain dikonsumsi, manfaat buncis bisa kita dapatkan yang berguna bagi kesehatan tubuh. Manfaat yang dapat kita peroleh dari sayur buncis antara lain :

  1. Membersihkan Pencernaan
  2. Buncis sangat kaya akan serat. Serat inilah yang dapat membersihkan sistem pencernaan anda dari racun serta mencegah iritasi usus besar.
  3. Baik untuk Penderita Diabetes
  4. Buncis sangat cocok dikonsumsi orang yang mengidap diabetes. Kadar indeks glikemik dari buncis sangat rendah, sehingga tidak membahayakan ketika dikonsumsi orang yang terkena diabetes. Selain itu, kandungan glyconutrient di dalamnya bisa membantu mengontrol gula darah anda.
  5. Menyehatkan Jantung
  6. Mengonsumsi buncis bisa menjaga kesehatan jantung anda, sebab buncis mampu menurunkan LDL atau kadar kolesterol jahat dalam tubuh anda. Sayuran ini juga banyak mengandung serat, asam folat dan potasium yang bisa mencegah adanya komplikasi jantung.
  7. Cocok dikonsumsi Ibu Hamil
  8. Ketika anda sedang hamil, disarankan untuk memperbanyak atau sering mengonsumsi sayuran ini. Karena kandungan asam folat yang ada di dalam buncis bermanfaat untuk mencegah bayi lahir cacat. Selain itu, kandungan vitamin K-nya mampu meningkatkan perkembangan janin bayi.
  9. Menguatkan Tulang
  10. Buncis juga terbukti banyak mengandung kalsium dan fosfor. Kedua mineral ini sangat bermanfaat untuk menguatkan tulang anda.
  11. Menenangkan Pikiran
  12. Buncis juga mempunyai sifat hipoglikemik yang mampu menenangkan saraf, mengurangi tingkat stres, serta mampu meningkatkan kesehatan mental anda. Hasilnya pikiran akan menjadi lebih tenang dan terkendali.
  13. Memperlancar Sirkulasi Darah
  14. Manfaat buncis bagi kesehatan yang terakhir adalah dapat melancarkan sirkulasi darah. Zat besi yang terkandung dalam buncis baik untuk meningkatkan produksi hemoglobin yang memungkinkan darah mengankut lebih banyak oksigen ke seluruh tubuh sehingga sirkulasi darah akan manjadi lebih lancar.
Itulah sedikit banyak manfaat buncis bagi kesehatan. Untuk mendapatkan sayuran jenis ini juga bisa dipesan melalui kami supplier sayur buah surabaya

Berkah Sayur
0857-0404-344-5 


0 komentar:

Posting Komentar

Berkah Sayur - Supplier Sayur dan Buah Surabaya (0821-65444240). Diberdayakan oleh Blogger.
.comment-content a {display: none;}