Home » » Buah Sirsak

Buah Sirsak

Posted by Supplier sayur dan buah surabaya on Senin, 18 Mei 2015


Sirsak merupakan buah yang berasal dari Karibia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Di berbagai daerah Indonesia dikenal sebagai nangka sebrang, nangka landa (jawa), nagka walanda, sirsak (sunda) dan masih banyak lagi sebutan lainnya untuk buah ini. Pohon sirsak bisa mencapai tinggi 9 meter, bahkan di Indonesia sirsak dapat tumbuh dengan baik pada ketinggian 1000m dari permukaan laut. Buah sirsak mempunyai ukuran yang cukup besar hingga 20-30cm dengan berat mencapai 2.5 kg. Buah sirsak sering digunakan untuk bahan baku jus atau es krim.

Vitamin yang paling dominan pada buah sirsak adalah vitamin C, yaitu sekitar 20mg per 100gr daging buah. Kebutuhan vitamin C setiap orang per harinya yaitu 60mg telah dapat dipenuhi hanya dengan mengkonsumsi 300gram daging buah sirsak. Sedangkan mineral yang cukup dominan dalam buah ini adalah fosfor dan kalsium, masing masing sebesar 27 dan 14 mg per 100gram. Kedua mineral tersebut sangatlah penting untuk pemberntukan massa tulang sehingga berguna untuk membentuk tulang yang kuat serta menghambat osteoporosis.

Selain komposisi gizi, buah sirsak juga sangat kaya akan komponen non gizi, salah satunya adalah mengandung banyak serat pangan, yaitu mencapai 3,3 g per 100gr daging buah. Sirsak memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, antara lainnya :

  • Mencegah kanker - Annonaceous acetogenins adalah fitokimia yang terdapat dalam daun, biji dan batang sirsak. Zat ini berperan dalam menangkal serangan kanker dan virus. Penelitian mengungkap bahwa kandungan Annonaceous acetogenins pada sirsak dapat membunuh sel-sel ganas pada 12 jenis kanker, seperti kanker payudara, usus besar, prostat, paru-paru, dan masih banyak lagi.
  • Melancarkan Buang Air Kecil - Jus buah sirsak ternyata dapat dijadikan sebagai obat jika Anda mengalami rasa sakit ketika buang air kecil. Selain itu juga dapat megatasi haematuria yaitu bercampurnya sel darah putih dalam urin, serta penyakit hati ringan.
  • Menjaga Kesehatan Tulang - Selain mengandung fosfor dan kalsium, buah sirsak juga diperkaya mineral lain yakni tembaga, yang membantu penyerapan kalsium ke dalam tulang sehingga tulang Anda tetap tercukupi kebutuhan nutrisinya.
  • Meredakan Migrain - Sirsak mengandung riboflavin atau vitamin B2 yang dikenal efektif meredakan sakit kepala seperti migrain.
Kiranya itu antara lain manfaat dari buah sirsak. Buah ini bisa di dapatkan di pasar swalayan modern atau supermarket, tapi tak jarang buah ini ramai dijual dimana-mana terutama ketika memasuki bulan puasa. Anda bisa juga memesan jenis buah ini kepada kami supplier sayur buah surabaya

Berkah Sayur
0857-0404-344-5


0 komentar:

Posting Komentar

Berkah Sayur - Supplier Sayur dan Buah Surabaya (0821-65444240). Diberdayakan oleh Blogger.
.comment-content a {display: none;}