Home » » Buah Naga Merah

Buah Naga Merah

Posted by Supplier sayur dan buah surabaya on Jumat, 01 Mei 2015


Buah naga (Inggris: pitaya) adalah buah dari beberapa jenis kaktus dari marga Hylocereus dan Selenicereus. Buah ini berasal dari Meksiko, Amerika tengah dan Amerika Selatan namun dibudidayakan di negara-negara Asia seperti Taiwan, Vietnam, Filipina, Indonesia dan Malaysia. Buah ini juga dapat ditemui di Okinawa, Israel, Australia Utara dan Tiongkok Selatan. Hylocereus hanya mekar pada malam hari.
Pada tahun 1870 tanaman ini dibawa oleh orang Perancis dari Guyana ke Vietnam sebagai tanaman hias. Oleh orang Vietnam dan orang Cina buahnya dianggap membawa berkah. Oleh karena itu buah ini selalu diletakan diantara dua ekor patung naga berwarna hijau di atas meja altar. Warna merah buah terlihat mencolok di antara warna naga-naga yang hijau. Dari kebiasaan inilah buah itu di kalangan orang Vietnam yang sangat terpengaruh oleh kebudayaan Cina dikenal sebagai thang loy (buah naga). Istilah tersebut kemudian diterjemahkan di Eropa dan di negara lain yang berbahasa Inggris sebagai dragon fruit (buah naga).

Pada umumnya buah naga di budidaya dengan cara stek atau penyemaian biji. Tanaman akan tumbuh subur jika media tanam porous (tidak becek), kaya akan unsur hara, berpasir, cukup sinar matahari dan bersuhu antara 38-40 derajat celcius. Jika perawatan cukup baik, maka tanaman akan mulai berbuah pada umur 11-17 bulan. Buah naga sangat adaptif dibudidaya di berbagai daerah dengan ketinggian 0-1200 m dpl. Hal terpenting adalah mendapatkan sinar matahari yang cukup merupakan syarat pertumbuhan buah naga merah.
Buah naga dapat berkembang dengan kondisi tanah mengandung pupuk yang bagus, maka pertumbuhannya akan baik. Dalam waktu 1 tahun, pohon buah naga dapat mencapai ketingguian 3 meter lebih. Bedasarkan beberapa sumber, buah naga belum banyak dibudidayakan di Indonesia, sementara ini daerah yang membudidayakan buah naga ini adalah Mojokerto, Jember, Malang, Pasuruan, Banyuwangi, Ponorogo, Kalibawang, Kulon, Progo, Batam dan Bandung.

Buah naga merah sebagai salah satu buah yang memiliki banyak manfaat untuk membantu mengatasi dan menyembuhkan berbagai macam penyakit. Mulai dari batang buah naga, daging buah naga sampai dengan kulit buah naga memiliki banyak kandungan vitamin dan zat yang sangat bermanfaat. Dokter juga sangat merekomendasikan buah naga merah sebagai buah konsumsi yang bisa digunakan untuk terapi dalam penyembuhan suatu penyakit.
Berikut ini beberapa manfaat dari buah naga:

  • Buah naga merah membantu menyembuhkan penyakit kanker, kandungan vitamin kompleksnya sudah direkomendasikan oleh dokter sebagai buah terapi penyembuhan kangker
  • Mempercantik kesehatan kulit, dengan kandungan vitamin C yang tinggi, buah naga dapat membantu menjaga kesehatang kulit. Bahkan kulit dan buahnya bisa dijadikan sebagai bahan lulur alami.
  • Karena rasa manisnya, buah naga merah bukan berasal dari glukosa, maka buah naga merah juga dapat membantu penyembuhan penyakit diabetes.
  • Menjaga kesehatan dan stamina tubuh dengan kandungan antioksidan dan vitaminnya.
  • Mencegah penyakit osteoporosis atau pengapuran tulan, karena di dalam buah naga banyak mengandung unsur kalsium organik.
  • Mengandung vitamin B3 yang berfungsi untuk menurunkan kadar koresterol dan penyembuhan penyakit batuk dan asma hingga dapat mengatasi tekanan darah tinggi.
  • Merawat kesehatan mata, karena mengandung beta-karoten yang cukup tinggi
  • Menjaga kesehatan jantung, karena mengandung vitamin C, B1, B2 dan B3
Ternyata banyak sekali yang bisa dimanfaatkan dari buah naga merah (dragon fruit) ini. Untuk mendapatkan buah naga ini juga terbilang tidak sulit, anda bisa mendapatkannya di swalayan, supermarket, pasar tradisional, toko buah, atau bisa juga pesan ke supplier buah atau supplier sayur juga menyediakan buah jenis ini.

Untuk order buah naga merah ini bisa juga melalui kami ..

Berkah Sayur
0857-0404-3445


0 komentar:

Posting Komentar

Berkah Sayur - Supplier Sayur dan Buah Surabaya (0821-65444240). Diberdayakan oleh Blogger.
.comment-content a {display: none;}