Home » , » Wortel

Wortel

Posted by Supplier sayur dan buah surabaya on Senin, 27 April 2015


Wortel (Daucus carota) adalah tumbuhan jenis umbi yang biasanya berwarna jingga atau putih dengan tekstur serupa kayu. Bagian yang dapat dimakan dari wortel adalah bagian umbi atau akarnya. Wortel adalah tumbuhan biennial (siklus hidup 12 - 24 bulan) yang menyimpan karbohidrat dalam jumlah besar untuk tumbuhan tersebut dan berbunga pada tahun kedua. Batang bunga tumbuh setinggi sekitar 1 m dengan bunga berwarna putih.

Wortel adalah tumbuhan sayur yang ditanam sepanjang tahun, terutama di daerah pegunungan yang memiliki suhu udara lembab dan dingin, ditanam pada ketinggian kurang lebih 1200m diatas permukaan laut. Tumbuhan wortel membutuhkan sinar matahari & dapat tumbuh pada semua musim. Wortel mempunyai batang daun yang basah yang berupa sekumpulan pelepah (tangkai daun) yang muncul dari pangkal buah, bagian atas (umbi akar), mirip daun seledri. Wortel menyukai tanah yang gembur dan subur dengan pH 5,5 - 6,5 dan kaya akan humus

Manfaat Wortel bagi kehidupan sangat banyak sekali, mengkonsumsi wortel secara teratur 68% mencegah penyakit stroke, selain itu wortel mengandung zat karotenoit yang berfungsi untuk mengatur kadar gula dalam darah. Zat karotenoit juga dapat mempengaruhi produksi insulin sehingga kadar gula dapat lebih terkontrol.Wortel mengandung serat tinggi, sehingga sangat baik dikonsumsi untuk masalah pencernaaan. Sayuran ini juga mengandung banyak kandungan bermanfaat bagi tubuh manusia, diantaranya Betakaroten serta Vitamin A, yang bermanfaat sebagai anti oksidan dalam tubuh, selain itu vitamin C, Alpha dan beta karoten yang berguna menangkal radikal bebas yang dapat mengganggu kesehatan tubuh.

Konsumsi wortel dapat dilakukan dengan berbagai cara, bisa dengan cara direbus kemudian dimakan langsung, kemudian diolah menjadi jus, atau bisa juga sebagai pelengkap salad dan makanan sayur lainnya.
Wortel sangatlah mudah didapatkan, dengan mengunjungi pasar-pasar tradisional, penjual sayur keliling atau bisa melalui pemesanan ke supplier sayur terdekat.

Atau bisa juga order dengan kami
Berkah Sayur - Supplier sayur surabaya
0857-0404-3445


0 komentar:

Posting Komentar

Berkah Sayur - Supplier Sayur dan Buah Surabaya (0821-65444240). Diberdayakan oleh Blogger.
.comment-content a {display: none;}