Home » » Jamur Shitake

Jamur Shitake

Posted by Supplier sayur dan buah surabaya on Minggu, 12 April 2015


Jamur shitake merupakan jamur yang berwarna gelap, berbentuk payung dengan aroma kayu yang tajam. Nama Shitake berasal dari bahasa jepang 'shi' yang berarti kayu lapuk/mati tempat jamur tumbuh, kemudian 'take' yang berarti jamur. Meskipun namanya berasal dari bahasa jepang, namun jamur shitake dipercaya berasal dari china, dan telah dibudidayakan sejak 1000 tahun lalu. Kini jamur shitake telah mendunia dan dikenal sebagai menu diet di kalangan bangsa Asia.

Dalam bahasa cina, jamur shitake biasa disebut 'xianggu', sementara untuk jamur shitake yang berkualitas tinggi disebut 'donggu' yang berarti jamur musim dingin dengan payung yang tebal, atau 'huagu' yang berarti jamur bunga karena di permukaan payung bagian atasnya bermotif retak-retak seperti bunga yang sedang mekar.

Di Jepang telah banyak dilakukan penelitian intensif tentang jamur ini untuk mengetahui khasiat kandungan di dalamnya. Di dalam jamur shitake terkandung asam amino yang dapat membantu menurunkan kolesterol di dalam hati, asam amino yang terkandung di dalam jamur shitake antara lain thiamin, riboflavin, niacin, serta beberapa jenis serat dan enzim. Jamur shitake juga mengandung ergosterol yang nantinya akan diolah menjadi vitamin D oleh tubuh setelah kulit terkena sinar matahari. Selain itu jamur shitake juga mengandung lentinan yang berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta mengatasi gangguan pencernaan, hati, meredakan serangan pilek dan melancarkan peredaran darah. 

Karena mengandung letinan di dalamnya, sejak tahun 1985 jamur shitake juga diakui sebagai obat anti kangker di Jepang. Lentinan berfungsi untuk meningkatkan tingkat kelangsungan hidup orang-orang yang menderita kangker perut dengan meenstimulasi aktivitas kekebalan. Di Samping itu, penelitian juga menyarankan penggunaan lentinan untuk melawan AIDS. Pasien-pasien dengan penyakit HIV yang mengkonsumsi lentinan cair nersama dengan diadanosine, obat anti-HIV, pertumbuhan sel T-nya akan meningkat tiga kali lipat dibandingkan dengan pasien yang hanya mengkonsumsi deadanosine saja. Selain itu lentina yang terkandung di dalam jamur shitake yang digabung dengan obat-obatan konvensional juga dapt menolong pasien 'bypass' jantung dengan melawan infeksinya. Manfaat laim, jamur shitake juga dipercaya dapat mencegah penuaan dini.

Jamur shitake merupakan salah satu sayuran yang mengandung protein tinggi, sehingga tak heran jika jamur ini menjadi makanan favorit oleh para vegetarian.

Jika anda tertarik dengan manfaat jamur ini anda bisa membelinya langsung ke kami..
0857-0404-3445
Berkah Sayur


0 komentar:

Posting Komentar

Berkah Sayur - Supplier Sayur dan Buah Surabaya (0821-65444240). Diberdayakan oleh Blogger.
.comment-content a {display: none;}